Penerapan Media Powerpoint Dalam Peningkatan Hasil Belajar Alqur’an Hadits Pada Siswa Kelas VII MTs Alma’ruf Margodadi

Authors

  • Mamluah Mts Alma’ruf Margodadi

Keywords:

Media powerpoint, Al-Qur’an Hadist, Mts Alma’ruf Margodadi

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada saat ini belum menunjukkan peningkatan pencapaian hasil belajar yang memuaskan, sehingga memerlukan bantuan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menggunakan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun lokasi penelitian dilakukan di Mts Alma’ruf Margodadi dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 35 orang, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus penskoran. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan atau siklus. Hasil peneitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik dengan perolehan skor 79,5 menjadi 93,1 pada siklus ke II. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor 67,4 dan mengalami peningkatan menjadi 85,2 pada siklus ke II. Hasil Post test pada siklus I dengan skor 71,4 dikategorikan baik dan meningkat pada siklus ke II dengan skor 90,4 dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah pembelajaran dengan menerapkan media powerpoint peserta didik terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Mts Alma’ruf Margodadi mengalami peningkatan dengan kategori “sangat baik”

References

Asfiati. 2020. Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri. Jakarta: Kencana.

Buddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2009), h. 35.

Chabib Thoha, Dkk, Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999), h. 1. Depag RI, Fiqih, (Jakarta: Depag RI, 2005), h. 46.

Eko, Hariyanto dan Pinton Setya Mustafa. 2020. Pengajaran Remedial Dalam Pendidikan Jasmani. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Kunandar, Guru Profesional (Jakarta: rajawali Press, 2009), h. 1.

Muhammad, Yaumi. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nana, Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nizwardi, Jalius dan Ambiyar. 2016. Media dan sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Saiful, Bahri dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutiah, Optimalisasi Fuzzy Topsis, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020), h. 71-72

Downloads

Published

2022-10-08

Issue

Section

Articles