Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII Dengan Materi Adab Shalat Dan Berdzikir Melalui Small Group Discussion di MTs Darul Falah Al-Amin Kabupaten Mesuji Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Rima Yuliana MTs Darul Falah Al-Amin, Mesuji

Keywords:

Efektivitas, Aqidah Akhlak, Small Group Discussion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan Small Group Discussion. Penelitian ini menggunakan study tindakan (action research) pada siswa kelas VII MTs. Darul Falah Al-Amin. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran aqidah akhlak menggunakan metode ceramah, siswa menunjukkan sikap kurang aktif dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari siswa tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru dan ada juga yang melakukan aktivitas yang lain seperti menyontek, mengobrol bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Sehingga siswa tidak berperan aktif dalam mengikuti pelajaran. Obyek penelitian ini adalah pada MTs. Darul Falah Al-Amin. Dalam penelitian kelas VII ini dengan penerapan pembelajaran melalui metode Small Group Discussion yang jumlahnya ada 15 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dengan suasana pembelajaran aktif, maka suasana kelas menjadi lebih hidup, siswa menjadi aktif belajar dan hasil belajar lebih meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Pada tahap prasiklus keaktifan belajar siswa mempunyai prosentase 44 % dan rata-rata nilai akhir 68,23. Pada Siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar siswa meningkat 55 % dan rata-rata kelas 78,3 8. Sedangkan pada Siklus II keaktifan siswa dapat diprosentasekan menjadi 82 % dan rata-rata tes akhir siswa adalah 83.04. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan metode pembelajaran Small Group Discussion dengan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bogor, Penerbit : Sabiq, 2009)

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Raja Grafindo, 2001)

Asfah Rahman (ed), Media Pembelajaran, (Jakarta : Raya Grafindo Persada, 2009)

Abdurrahman, Belajar dan Pembelajaran (Bandung : Alfabeta 2009) Amin Syukur, Pengantar Studi Islam (Semarang, LEMBKOTA, 2006)

Atang Abd. Hakim dan Jaih Mubarok. Metodologi Studi Islam, (Bandung : Rosda Karya, 2004)

Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Khamidah. Metode dan Tehnik Pembelajaran Pendidikan Islam, Bandung : Refika Aditama, 2009), Cet. Ke-1

B. Suryobroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta, Rineka Cipta, 2009), Cet. Ke-2

Corow and Crow dalam Oemar Hamalik, Pembinaan Pengembangan Kurikulum, (Bandung : Pustaka Martina, 1987)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta : Rineka Cipta, 2006)

Departemen Agama Republik Indonesia, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah, (Jakarta, 2004)

M. Khoirul Amilin : “Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan MetodeActive Learning tipe Point Counterpoint Pada kelas VIIC Di SMP

Khayyal Ummu Rosyidah, “Problematika Aplikasi Pendekatan Contektual Teaching and Learning (CTL)” Pada Pembelajaran Bidang Studi PAI di SMP N I Bojonegoro, (Semarang : Perpus IAIN Walisongo, 2007), 71 “td”

Khoeruddin et.al, Kurikulum 2013 Konsep dan Implementasi di Madrasah, (Jogjakarta : Pilar Media, 2007)

Lukmanul Hakim, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung : CV. Wacana Prima, 2008)

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Fakultas Tarbiyyah IAIN Walisongo. Semarang, 2009

Nur Sholekhah, Implementasi Pembelajaran paikem dalam pembelajaran PAI di SDN I Cepogo Boyolali (Semarang : Perpus IAIN Walisongo, 2009), “td”

Rumayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2006) Othenk. Efektivitas. http://www.blogspot.com/250820 10

Piet. A. Sahertian, Supervisi Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2000)

www.docstoc.com.docs. 18529724. StandarKompetensiMataPelajaranAqidah Akhlak. 12082019

Subadi “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Metode Card Sort kelas 1 MI Yaspi Kabupaten Pakis Magelang 2008” Skripsi (Semarang : Perpus IAIN Walisongo Semarang, 2008), “td”

Said Agil Husin Al-Munawar. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta : Ciputat Press, 2005)

Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, (Bandung : Wacana Prima, 2008)

Starwaji. Pembelajaran Efektif. http://www.wordpress.com/250820 10

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (UURI No. 20 Th. 2003), Jakarta : Sinar Grafika, 2019)

Zaenal Arifin Djamais, Islam Aqidah dan Syariah, (Jakarta : Raya Grafindo Persada, 1996)

Zakiyah Darodjat. Kepribadian Guru, (Jakarta : Bulan Bintang, 2005)

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles