Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV Di MI Islamiyah Ketapang Lampung Selatan

Authors

  • Ika Budiarti MI Islamiyah Ketapang Lampung Selatan

Keywords:

Kesulitan Siswa, Strategi Guru, Qur”An Hadits

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah dijumpai siswa pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Kesulitan belajar tersebut dapat timbul dari berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada itu tidak diatasi dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan berusaha mengatasinya guna tercapainya tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakaan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa: (1) Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Islamiyah Ketapang adalah kesulitan memembaca Al-Qur’an dan kesulitan dalam menghafal Al-Qur'an dan Hadits (2) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa padamata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Islamiyah Ketapang. Guru juga merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung dalam keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu guru harus dapat menggunakan berbagai macam strategi yang tepat dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu adanya kerjasama antara guru dengan orang tua merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits.

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Meleong, Lexi, J, Metodelogi penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosda Karya, 2005.

Muhammad Fuad‟ Abdu Al-baqi, „Aujazul Masalik Ila Muwatta‟ Malik, Kitab AlJamik‟, Juz v, (Beirut: Dar Al- Kutub Al-ilmiah, t. th), hal. 371

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nawir Yuslem, Ulumul Hadits, Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya, 2001.

Ngalim Purnomo, M., Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 1997.

Omear Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar, Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya, 2001 Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia NO. 2 Tahun 2008.

Ramayulis, H, Metodologi Penelitian Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005.

Safi’i, A. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Elkaf.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Usman Al-Bukhari Abi Abdillah Muhammad, Sahih Bukhari, Beirut: Darussa, tt, 1999

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles