Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum Jaya Sakti Ditinjau Dari Psikologi Pendidikan Islam

Authors

  • Hanip Ista'mar MTs. Bustanul Ulum Jaya Sakti;
  • Didik Kurniawan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Timur
  • Nuri Azzi Daka Rani Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM NU) Metro Lampung

Keywords:

Motivasi Belajar, Pondok Pesantren, Pendidikan Islam

Abstract

Pondok pesantren adalah salah satu lembaga yang berazazkan keagamaan yang lebih mementingkan dan mengutamakan keakhiratan yang memiliki ciri-ciri yang khusus yaitu mengenai kurikulumnya yang lebih memfokuskan pada ilmu-ilmu agama. Pesantren adalah komunitas tersendiri dalam hidup bersama-sama sejumlah orang yang dengan komitmen hati yang ikhlas atau atau kerelaan mengikat diri dengan kyai atau guru dengan standar moral tertentu. Keberhasilan seorang santri akan sangat tergantung pada semangatnya menimba ilmu dan menghambakan diri untuk menggapai ridho guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum Jaya Sakti dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara motivasi belajar dengan dorongan kedua orang tua serta lingkungan keluarga dan juga profesionalisme guru dalam mengajar

References

Dadan Nurul Haq dan Ari Kurniawan. 2020. Metode Sorogan Peningkatan Kemampuan Santri Dalam Membaca Kitab Kuning. Purwokerto: Amerta Media.

Efendi, Muhammad, and. Norhabibi. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Darul Ilmi.” Vidya Karya 36 (2): 92 https://doi.org/10. 20527/jvk.v36i2. 10295.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya

Rani, Nuri Azzi Daka. 2020. observasi.

Rejono. 2016. “MOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA PONDOK PESANTREN AL ISHLAH SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN JAWA TIMUR ( Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur).” Jurnal Psikologi Pendidikan Islam Vol.4 (No.1): 1–10.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana

Shallallahu, Muhammad, Alaihi Wasallam, Ujang Saefuddin Rosyid, and Prophet Muhammad. 2021. “Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies.” Study Pendidikan 8 (1): 107–28.

Syafe’i, Imam. 2017. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1): 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles