Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Mewujudkan Visi Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah No.02/E3 Sungai Tanduk

Authors

  • Selvi Andi MI. No. 02/E3 Sungai Tanduk, Kerinci, Jambi

Keywords:

Pembelajaran, Akidah Akhlak, Visi Sekolah

Abstract

Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam mewujudkan visi sekolah salah satu unsur penting yang semestinya diterapkan diberbagai tingkat sekolah, sehingga permasalahan pembelajaran peserta didik mampu teratasi. Sementara itu, sudah ada beberapa sekolah terutama sekolah-sekolah Islam terpadu yang berpandangan bahwa pembelajaran akidah akhlak merupakan bagian dari visi sekolah sehingga sekolah tidak lagi hanya fokus mencetak insan yang cerdas namun juga bertanggung jawab atas terbentuknya akidah akhlak mulia peserta didik. Sama halnya dengan Madrasah Ibtidaiyah No.02/E3 Sungai Tanduk yang menerapkan pembelajaran sesuai dengan visi sekolah. Oleh karena itu, dengan fokus Madrasah Ibtidaiyah No.02/E3 Sungai Tanduk melakukan kajian mengenai “implementasi pembelajaran akidah akhlak penulis mewujudkan visi sekolah”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan metode analisis datanya dengan metode induktif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam mewujudkan visi sekolah diterapkan secara baik melalui konsep belajar mengajar di kelas menggunakan metode-metode yang ada (2) Melalui pembelajaran akidah akhlak peserta didik dapat meningkatkan nilai keagamaan yang sesuai dengan visi sekolah (3) pembelajaran akidah akhlak dengan tujuan untuk mewujudkan visi sekolah agar peserta didik dapat menjadi insan yang bertaqwa, berkarakter, berbudaya dan berbudi luhur. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru akidah akhlak yaitu pertama, kendala teknis berupa kurangnya waktu dalam pembelajaran dan kedua terkendala dari faktor guru dan siswa. Guru masih kewalahan dalam proses belajar mengajar dan siswa masih bersikap pasif selama pembelajaran berlangsung.

References

Aly, Abdullah dkk. 2013. Studi Islam 1. Surakarta: Lembaga Pengembangan Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (LPIK).

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hadari Nawawi, Mimi Martini. 2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: PT Prasetia Widya Pratama Lailatus Sa’diah. 2012. “Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlaq Dalam

Membentuk Akhlaqul Karimah di Mts Futuhiyyah 02 Mranggen Demak”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Moeleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles