Peningkatan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Oganlima Lampung Utara Tahun Pelajaran 2021-2022

Authors

  • Oktha Johansyah MTs Muhammadiyah Oganlima Lampung Utara.

Keywords:

Mind Mapping, Motivasi Dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode Mind Mapping dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resarch). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Oganlima Lampung Utara tahun pelajaran 2021-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar secara signifikan. Prosentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 66.66%, siklus 2 pertemuan 2 naik menjadi 93,33%. Prosentase hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 16,66% yang tuntas. Pada siklus 1 naik menjadi 86.66% dan pada siklus 2 mengalami kenaikan lagi menjadi 96,66% yang tuntas. Penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan melakukan modifikasi dalam hal; penggunaan metode dan media yang menarik, pengaturan pengelompokan siswa dan tempat duduk, serta strategi pengelolaan kelas yang efektif.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovati dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1991.

Shanaz, Chaterine, Memori Super Melatih Anak Agar Memiliki Daya Ingat Luar Biasa. Jogjakarta: Starbooks, 2010.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Tony Buzan, Buku Pintar Mind Map, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006. Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung; PT Remaja Rosda Karya, 2008.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles