Pendidikan Karakter Religius Dengan Metode Kisah Qur’ani Pada MIS Nurul Huda Pelepat Ilir Bungo, Jambi

Authors

  • Muli'ah MIS Nurul Huda Pelepat Ilir Bungo, Jambi
  • Didik Kurniawan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Timur

Keywords:

Pendidikan Karakter; Kisah Qur’ani; Karakter Religius

Abstract

Pendidikan Karakter Religius di Madrasah tidak asing dengan istilah bercerita maupun berkisah. Kisah yang di maksudkan dalam penelitian adalah kisah kisah nyata dalam Al-Qur’an yang memuat kisah para Nabi dan Rasul untuk mempengaruhi peserta didik agar mau meniru pesan moral yang terkandung di dalamnya. Hal ini menjadi penting sebab siswa di era modern ini justru mengidolakan Artis Sinetron sehingga gaya, sikap dan sifat anak sekarang yang semakin melenceng dari tuntunan ajaran agama. Maka untuk mengantisipasi karakter anak usia Madrasah Ibtidaiyah yang justru mengidolakan artis sinetron perlu adanya pembelajaran dalam kelas yang menyenangkan seperti bercerita tentang kisah qur’ani dimana guru akan memberikan gambaran dan menanamkan karakter Religius dari kisah yang disajikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menanamkan Pendidikan Karakter Religius Dengan Metode Kisah Qur’ani Pada MIS Nurul Huda Pelepat Ilir Bungo, Jambi sebagai upaya membentengi moral siswa agar tidak mengikuti karakter para artis yang sering anak anak lihat di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggali data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini tenyata Pendidikan Karakter Religius Dengan Metode Kisah Qur’ani Pada MIS Nurul Huda Pelepat Ilir Bungo, Jambi mampu membuahkan hasil dengan berubahnya perilaku anak dalam kehidupan sehari hari seperti berpamitan dan bersalaman dengan Orang tua Ketika akan berangkat ke sekolah, mengucapkan salam kepada guru Ketika bertemu di sekolah, gemar membaca Al-Qur’an juga semakin rajin dalam menjalankan ibadah Sholat lima waktu.

References

Akrom, M. (2019). Pendidikan Islam Kritis, Pluralis Dan Kontekstual. CV Mudilan Group.

Al Rasyid, H. (2010). Urgensi metode kisah Qurani dalam Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).

Fitriani, F., & Markhamah, M. (2016). Analisis Penggunaan Disfemisme pada Dialog Siswa Kelas IX dalam Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hanani, D. (2016). Pendidikan karakter anak menurut Imam Al-Gazali. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 1(1), 46-53.

Hayati, N. (2019). Hasan AL-Banna dan Konsep Kepribadian Muslimnya (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2).

Mubara, K. Smartmom Untuk Generasi Smart: Panduan Parenting di Era Digital. DIVA PRESS.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology" Humanlight", 2(1), 31-47.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Posha, B. Y. (2018). Qashashul Quran. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 4(1), 1-12.

Rahmat, M. P. I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Vol. 1). Bening Pustaka.

Rahmawati, A., & As' ad, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Dengan Qashash Al-Qur’an. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1).

Rosita, M. (2016). Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode Kisah Qurani. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 2(1), 53-72.

Sholeh, M., Budiwan, J., & Ahrori, M. H. (2021, November). PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI METODE CERITA. In AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (Vol. 1, pp. 106-117).

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Suwardani, N. P. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat.

Umar, U. (2018). Analisis Konstruktif Teori Belajar Behaviorisme dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 41-52.

Zuliana, E. (2017). Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab. An Nabighoh, 19(1), 127-156.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles