Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Mi Nurul Huda Sukoharjo

Authors

  • Siti Nuraini MI Nurul Huda Sukoharjo

Keywords:

hasil belajar, metode snowball throwing, pendekatan saintifik

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VI MI Nurul Huda Sukoharjo. Tujuan penelitian untuk mengetahui prosedur penerapan pendekatan saintifik dengan metode snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan menggunakan tingkat penjelasan deskriptif kualitatif, yang mengadopsi pendekatan induktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, dokumentasi, Tes, interview/wawancara, serta kuesioner/angket yang digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Nurul Huda Sukoharjo - Abung Surakarta yang berjumlah 16 orang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat 72.5% dari data prasurvey hanya 4 siswa tuntas (25 %), Siklus I 8 siswa tuntas (50%), Siklus II Pertemuan I dengan 12 siswa tuntas (75%) menjadi 14 siswa tuntas (87.5%). Dapat disimpulkan dari implementasi pendekatan saintifik dengan metode snowball throwing mampu meningkatkan kemampuan keaktifan serta hasil belajar siswa baik secara kualitas maupun kuantitas.

References

Ansori, Muhamad (2014). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SD dan SMP Plus Al-Qodiri Jember) Tahun Pelajaran 2019/2020.Institut Agama Islam (IAN) Al-Qodiri, Jember: Jurnal Pendidikan Sosial dan Keagamaan

Aprilitasari, Melisah (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Nu Lemahabang Kabupaten Cirebon: Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Daryanto (2014), Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Euis & donni (2014). Classroom Management. Bandung: Alfabeta

Hamdayama, Jumanta (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Galia Indonesia

Huda, Miftahul (2016). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran Kementerian Agama Republik Indonesia (2013). Al-Qur’an Terjemah Perkata, Asbabun Nuzul dan Tafsir Bil Hadis. Bandung: Semesta Al-Qur’an

Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI, tafsir Q.S AL-Balad ayat 10, Retrieved September 20, 2021, https://quranhadits.com/quran/90-al-balad/al-balad-ayat-10/

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles