Internalisasi Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik (Studi Kasus Pada Guru Akidah Akhlak di MTs Ma’arif NU 10 Penawaja Pugungraharjo)

Authors

  • Siti Rokhimah MTs Ma'arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo

Keywords:

Kecerdasan, emosional

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan paradigma dalam pendidikan yang akan memberikan harapan keberhasilan optimal dalam proses pembelajaran, emosi berperan penting dalam kehidupan sebagaimana diungkapkan oleh Jeanel Segal “emosi” adalah penyambung hidup bagi kasadaran diri dan kelangsungan diri secara mendalam menghubungkan kita dengan diri kita sendiri dan dengan orang lain serta dengan alam dan kosmos. Penanaman/pengajaran kecerdasan emosional berbeda dengan pengajaran kecerdasan intelektual,kecerdasan emosional lebih memberikan arahan-arahan dengan prilaku atau contoh-contoh yang baik kepada peserta didik dan dapat memberi bantuan kepada peserta didik untuk mengenali bentuk emosi yang dimiliknya. Hal tersebut menggugah untuk melakukan penelitian ini. Rumusan masalahnya : Bagaimanakah internalisasi kecerdasan emosional yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik. Tujuannya yaitu untuk mengkaji bagaimana penanaman nilai-nilai kecerdasan emosional pada peserta didik. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai sumbangsih pemikiran bagi khazanah pendidikan dan dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk bertindak dan berfikir khususnya dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis datanya menggunakan cara mengklasifikasikan data dan simpulan secara induktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru Akidah Akhlak telah menanamkan kecerdasan emosional kepada peserta didiknya baik disaat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung ataupun diluar jam pelajaran. Namun melihat tingkat kecerdasan emosional dari para peserta didiknya dinyatakan berbeda pada setiap peserta didik

References

Abd. Muh dalam Ramayulis, Psikologi Agama, Kalam Mulia, Jakarta, 2004.

Agus Ahmad, Korelasi Antara Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Dengan Pengamalan Sholat Fardhu Siswa, 2010.

Agus Ahmad dan Tim penyusun, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Edisi Revisi), 2011

Ari Ginanjar Agustian, Emotional Spiritual Quotient : Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Arga, Jakarta, 2001.

Agustian, Ari Ginanjar, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power; sebuah Inner Journey melalui al Ihsan Cet.X, Agra, Jakarta, 2006.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008.

Goleman, Daniel, Working with emotional intelligence (terjemahan), PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.

Goleman, Daniel Kecerdasaan Emosi untuk mencapai puncak prestasi, Alih Bahasa: Alex Tri kantjono Widodo, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

Goleman, Daniel, Kecerdasan Emosional (terjemahan T. Hermaya Cet. XIII), Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

https://www.liputan6.com/quran/al-mujadalah/11 diakses 8 Oktober 2021

https://www.liputan6.com/quran/az-zumar/9 diakses 8 Oktober 2021

Saphiro Lawrence E, mengajaran emotional intelligence pada anak,Gramedia, Jakarta 1998.

Thomas, Lickona, Education for Character : How Our Schools Can Teach Respect and responsibility. New York, Batam Books, 1991.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. kesepuluh, Kalam Mulia, Jakarta, 2013.

Sudirman Tebba, Tasawuf Positif, Bogor, Kencana, 2003.

Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, cetakan ke-13 Alfabeta, Bandung, 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan praktek , Rineka cipta, Yogyakarta, 1993.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Tindakan dan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

W. Gulo, Metodologi Penelitian, PT. Grasindo, Jakarta, 2003.

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles