Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MI

Authors

  • Dewi Arina MI Darussalam Lampung Utara

Keywords:

pendekatan saintifik, berpikir kreatif, Pembelajaran Akidah Akhlak

Abstract

Pembelajaran merupakan kagiatan yang melibatkan berbaga macam komponen, antara lain : siswa, guru, kurikulum, sarana dan prasarana. Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru dituntut untuk memperhatikan berbagai komponen dalam sistem pembelajaran yang meliputi: menyusun rencana pembelajaran, menyiapkan materi yang relevan, merancang metode yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, menyediakan sumber belajar dan media. Perangkat pembelajaran harus dibuat serta diperhatikan oleh guru, karena perangkat pembelajaran berperan penting untuk kesuksesan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan teori pengembangan Borg And Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Data diperoleh melalui instrumen berupa lembar observasi, panduan wawancara dan angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian validator bahwa perangkat pembelajaran tersebut dinyatakan valid dan efektif. Terbukti dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan oleh guru Akidah Akhlak dan dapat digunakan sebagai motivasi untuk selalu mengembangkan kompetensi profesionalisme terutama dalam proses pembelajaran

References

Bloom, Benjamin S., Taxonomy of Educational Objectives, Vol. 1, Cognitive Domain, New York, McKay, 1956.

Fauzi, Ahmad, Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pusaka, IAI Al Qolam Malang, Vol. 4, No. 2, Edisi 8, 2017, url : ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article.

Ningrum, Ary Puspita, dkk, Brain Gym Video Model for Improving the Beginning Writing Abilities of the Autistic Students, Journal of ICSAR, Vol 2, No 2, 2018, url : journal2.um.ac.id/index.php/icsar/article.

Pannen, Paulina dkk, Konstruktifisme dalam Pembelajaran, Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2001.

Pribadi, Benny A., Desain Dan PengembanganProgram Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE, Jakarta: Prenada Media Group, Cet. 2, 2016.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Tjahjadarmawan, Elizabeth, Best Practice Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah, Yogyakarta: Deepublish, Cet 1, 2016.

Walgito, Bimo, Psikologi Sosial, Yogyakarta: Andi Offset, 1990

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles