Penerapan Metode Card Sort dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Al-Huda Jondang

Authors

  • Sukadi MI Al-Huda, Jondang Kedung Jepara

Keywords:

Al-Qur’an Hadis, metode card sort, hasil belajar

Abstract

Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar siswa saat diperlukan pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang tepat, yang disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik mata pelajaran serta kondisi siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran card sort. Card sort ialah pembelajaran yang dimana guru menggunakan kartu indeks yang berisi bagian-bagian materi yang diajarkan. Siswa dituntut untuk mencari bagian-bagian materi yang dimiliki siswa lain kemudian mendiskusikan secara kelompok sesuai dengan kartu yang ia dapatkan. Hal ini bertujuan untuk mereview materi dan meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis kelas IV. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (ptk). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV mengalami peningkatan. Berdasarkan rekapitulasi nilai Siklus I siswa, rata-rata kelas yaitu 72,63 dengan siswa yang tuntas sebesar 54%(12 siswa) sedangkan siswa yang belum tuntas sebesar 46 % (10 siswa). Kemudian pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 90% (20 peserta didik) Ini berarti ketuntasan belajar klasikal untuk nilai soal awal ini sebesar 90 %.

References

Hamruni.2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani, 2012

Hamzah B. Uno&Nurdin, Mohamad.2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hisyam Zaini, dkk.2004. Strategi Pembelajaran Aktif .Yogyakarta.. CTSD

Huda, Miftahul, 2015.Penelitian Tindakan Kelas: YogyakartaPustakaPelajar,

M. Dalyono, 2007 Psikologi Pendidikan,. Jakarta: Rineka Cipta,

Purwanto.2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles