Penerapan Metode Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Syaiful Islam MA Tahfidzul Qur'an Braja Selebah Lampung Timur

Keywords:

Think Talk Write, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertolak dari studi hasil belajar siswa di kelas X MA Tahfidzul Qur’an MA Tahfidzul Qur'an Lampung Timur yang sebagian besar memperoleh nilai dibawah KKM dan selama pembelajaran berlangsung guru menjadi sentral sedangkan siswa pasif dalam pembelajaran. Maka dipilihlah metode Think Talk Write untuk mengembangkan kemampuan berpikir dengan menuliskan ide dalam bentuk tulisan. Tujuan penerapan metode Think Talk Write untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, saat dan setelah dilakukanya pembelajaran dengan metode Think Talk Write pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X MA Tahfidzul Qur’an MA Tahfidzul Qur’an. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan evaluasi hasil belajar dalam bentuk tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan menerapkan metode Think Talk Write dengan rata-rata 59 kategori sedang dan persentase ketuntasannya 30% kategori kurang. Proses pembelajaran dengan menerapkan metode Think Talk Write mengalami perubahan kearah yang lebih baik dari setiap siklusnya. Siklus I persentase aktivitas guru78.58%, aktivitas siswa 77.14%. Siklus II persentase aktivitas guru 88.23% dan aktivitas siswa 84.28%. Hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Think Talk Write mengalami peningkatan kearah yang lebih baik, pada siklus I rata-rata 67.5 kategori tinggi, persentase ketuntasannya 60 % kategori tinggi. Siklus II rata-rata 80 kategori sangat tinggi, persentase ketuntasannya 95%.

References

Abdul Majid. 2014. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Afifuddin. 2008. Perencanaan dan Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Insan Mandiri

Achmad Hufad. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. UIN SGD Bandung.

Ahmad Tafsir. 2004. Metodologi Pengajaran Agama Islam.Bandung: Remaja Rosda karya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Heri Gunawan. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Alfabeta Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Miftahul Huda. 2014. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: RemajaRosdakarya. Muhibin Syah, 2010., Psikologi Pendidikan Dengan pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

E Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep. Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto.. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Trianto. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Pubisher

Ujang Dedih. 2014. Model-Model Pembelajaran. Bandung.

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. (2011). Strategi Belajar Mengajar melalui Penerapan Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php//ptn/article/view/7130 diunduh tanggal 20 juni 2017 )

www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/17diunduh pada tanggal 20 juni 2017).

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles