Peran Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di MI Al Hikmah

Authors

  • Muhail MI Al Hikmah, Sukajadi Kec. Bandar Negeri Suoh

Keywords:

Media Pembelajaran, Minat Belajar, PAI

Abstract

Peran Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam MI Al Hikmah. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam sejak dini di sekolah maupun diluar sekolah untuk membentuk akhlak siswa. Dari latar belakang siswa yang berbeda- beda, minat belajar PAI cenderung masih sedikit sehingga diperlukan strategi belajar yang dapat meningkatkan minat belajar tersebut, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Bagi sekolah-sekolah di pedesaan masih jarang digunakan media pembelajaran yang berupa audio visual karena berbagai faktor seperti tidak adanya sarana prasarana serta masih kurangnya guru yang memiliki kemampuan untuk menggunakan media tersebut. Namun di MI Al Hikmah, guru PAI sudah mulai menggunakan media audio visual sebagai media mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas IV di MI Al Hikmah, serta mengetahui hasil penggunaan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Hikmah dan guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara bebas berstruktur dan angket sederhana untuk mengambil data dari siswa serta mengumpulkan dokumentasi data. Hasil wawancara direduksi dengan memilih jawaban yang penting kemudian disusun secara sistematis. Adapun hasil penelitian yang berupa bilangan diubah menjadi sebuah predikat 75% – 100% “Efektif”, 50% – 75% “Cukup Efektif”, di bawah 50% “Tidak Efektif”. Data yang terkumpul dituangkan dalam betntuk uraian deskriptif. Selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas IV MI Al Hikmah cukup efektif, karena antusiasme siswa ketika belajar semakin tinggi. Dari 21 responden 100% menyatakan senang belajar dengan menonton video yang diputar oleh guru. Minat terhadap pelajaran PAI diketahui adalah 42.85% siswa dengan minat tinggi dan 57.14% siswa dengan minat rendah serta 0% siswa yang tidak berminat. Peran media dalam membantu siswa mengingat materi juga cukup efektif pada 71.42% siswa yang menyatakan dapat mengingat materi.

References

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan II, Bandung: CV Pustaka Setia, 1998.

Arif Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011. Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran: Manual dan Digital, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2013.

Chabib Thoha & Abdul Mu’ti, PBM-PAI Di Sekolah : Eksistensi dan Proses Belajar- Mengajar Pendidikan Agama Islam, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar, 1998.

Dakir, Dasar-dasar Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1993.

Daryanto, Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010.

Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo

Eva Latipah, Pengantar Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007. Iskandar Engku dan Siti Zubaidah, Sejarah Pendidikan Islami, Bandung: PT Remaja

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

M. Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002. Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.

Persada, 2012.

Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, Yogyakarta: Ar-

Rosdakarya, 2014.

Ruzz Media, 2013.

Slameto, Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik –Edisi Revisi VI, 2009.

Sukiman, Media Pembelajaran PAI, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.

Suranto, dkk., Al-Islam, Yoyakarta: Suara Muhammadiyah, 2016.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research Jilid I., Yogyakarta: Yayasan Penerbit Psikologi UGM, 1993.

Thahroni Taher, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Thoifuri, Menjadi Guru Inisiator, Semarang: RaSAIL Media Group (Ranah Ilmu-ilmu Sosial Agama dan Interdisipliner), 2008.

Tim Pemberdayaan Guru PAI bersama Tim Kreatif Larassukma, Hikmah, Distribusi Yogyakarta: Larassukma, 2016.

W.S. Winkel S.J., Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2012.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles