Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Kelas X Semester Ganjil Ma Khozinatul ‘Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Siti Komariyah MA Khozinatul ‘Ulum Lampung Tengah

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Think-pair-share

Abstract

Peneilitian merupakan cara untuk pengembangan potensi peserta didik dan mempersiapkan pembelajaran yang lebih baik lagi. Fokus dari penelitian mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share pada siswa kelas X MA Khozinatul ‘Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Kemudian, mengetahui peningkatan hasil belajar Al-qur’an hadits siswa setelah mengikuti model pembelajaran koooperatif think-pair-share.Adapun kegunaan penelitian ini melakukan kolaborasi dengan guru-guru, dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa bidang studi al-qur’an hadits. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, menggunakan sumber buku yang ada untuk menyelesaikan soal, mendiskusikan jawaban yang diperoleh dengan temannya dan berbagi hasil diskusi dengan temannya pada siswa kelas X MA Khozinatul ‘Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II hingga mencapai 89,68% dan dengan predikat sangat baik. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe think- pair-share dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar Al-qur’an hadits siswa kelas X MA Khozinatul ‘Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari Persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 70,97% dan siklus II meningkat menjadi 87,10%. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dan pembahasan dapat penulis simpulkan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar Al-qur’an hadits siswa kelas X MA Khozinatul ‘Ulum Lampung Tengah semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022, terbukti dengan meningkatnya aktivitas memperhatikan penjelasan guru, meningkatnya aktivitas mengajukan pertanyaan, meningkatnya aktivitas menggunakan buku sumber yang ada untuk mengerjakan soal, meningkatnya aktivitas mendiskusikan jawaban yang diperoleh dengan temannya dan meningkatnya aktivitas berbagi hasil diskusi dengan temannya. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Al-qur’an hadits di kelas X MA Khozinatul ‘Ulum Lampung Tengah semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022, terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2.

References

Ahmad, al-Hajj, Yusuf. Al-Qur’an Kitab Sains dan Medis.Terj.Kamran Asad Irsyadi. Jakarta: Grafindo Khazanah ilmu, 2003. CD Maktabah Syamilah CD Mausu’ah al-hadits al-syarif al-kutub al-tis’ah.

Al-Dzahabi. At Tafsir wa Al Mufassirun. Beirut: Darul Qalam, Tth.

Aljazairiy, Syaikh Abu Bakar. Aisiru Tafasiir Kairo-Mesir: Dar El Hadith, 1427 H.

Al-Maraghi,Ahmad Musthafa. Tafsir Al Maraghiy. Beirut: Dar El Fikr,T th.

Al-Qardawi, Yusuf, Sunnah, Ilmu Pengetahuan dan Peradaban. Terj. Abad Badruzzaman. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 2001.

AL-Qaththan, Manna’.Mabahits fi Ulum Al-Qur’an, Beirut: Dar el Fikr, T th

Al-Suyuthi. Al-itqan fi Ulum Al-Qur’an. Beirut: Dar al Fikr, T th.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: CV Waladara, 2006

Fatchurrahman. Ikhtisar Mustalahul Hadis. Bandung: PT Maarif, 1974.

Hasan, Ali. Masail fiqhiyah alhaditsah. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2003.

Hassan,A.Qadir. Ilmu Mustalah Hadis. Bandung: Diponegoro, 2007.

Katsir, Ibnu. Tafsir Alquranul Adzim. Beirut-Lebanon: Dar AlKutub Al Ilmiyah, 1427 H.

Shihab, Quraish, M.Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2004. Wawasan al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2001.

Zainuddin,M. Filsafat Ilmu Perspektif Pemikiran Islam. Jakarta: Lintas Pustaka, 2006

Zakie al-Kaaf, Abdullah. Etika Islami. Bandung: Pustaka Setia, 2022

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles