Urgensi Tabayyun Dan Tasamuh Dalam Keberagaman Pemahaman Terhadap Ajaran Agama Islam

Authors

  • Sholihul Mu’minin MTs Matholi’ul Falah Candra Kencana Tulang Bawang Tengah Tulang Bawang Barat.

Keywords:

Tabayyun, Tasamuh, Ajaran agama Islam

Abstract

Fenomena perselisihan, saling mencaci dan saling menyalahkan amaliah dalam beribadah kerap terjadi di kalangan umat Islam. Perbedaan pandangan dalam memahami ajaran agama Islam yang terkadang di dasari rasa egoisme yang tinggi sehingga akal dan hati tidak mampu menerima adanya perbedaan dan keberagaman. Tabayyun yaitu meneliti dan menyeleksi berita, tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya. Sedangkan Tasamuh diartikan sebagai sikap menerima perbedaan dengan ringan hati. Artikel ini mengeksplorasi urgensi Tabayyun dan Tasamuh dalam keberagaman pemahaman terhadap ajaran agama Islam. Dengan menganalisa ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang konsep tabayyun dan tasamuh kemudian mengkorelasikan dengan fenomena keberagaman pemahaman terhadap ajaran agama Islam yang terjadi di kalangan umat. Sikap tabayyun dan tasamuh memiliki peran yang sangat penting dalam rangka menjaga keutuhan ukhuwah Islamiah, karena perbedaan merupakan sunatullah yang tidak bisa dihindari, akan tetapi dengan mengedepankan prinsip tabayyun dan tasamuh maka perbedaan akan membawa umat kepada kelapangan hati dan ketenangan jiwa dan ukhuwah Islamiah yang kokoh.

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Al-Anshari Al-Quthubi, M. bin A. (2006). Al-Jaami’ li Ahkaamil Qur’an (Tafsir al-Qurthubi) (1st ed., Vol. 1). Daar Ibnul Jauzi.

Al-Baghawi, A. M. al-H., & Mas’ud, I. (2002). Tafsir al-Baghawi: Ma’alim at-Tanzil. Lebanon: Dar Ibn Hazm.

Amidhan, H Usef Fathuddin, Pedoman Pembinaan Masjid, Jakarta Departemen Agama, Ditjen Bimas Islsm dan Urusan Haji, 1981/1982.

Arifin, Kapita Selekta Pendidikan: Islam dan Umum, Ed.2, Cet.IV, Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Az-Zuhaili, W. as-Z. (2013). Tafsir Al-Munir Jilid 1 (1st ed., Vol. 1). Gema Insani. Bafadhol, I., Tetap, D., Pendidikan, P., Islam, A., Al, S., & Bogor, H. (2017). LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14. https://doi.org/10.30868/EI.V6I11.95

Cahyono, H., & Hamzah, A. R. (2019). Upaya Lembaga Pendidikan Islam dalam Menangkal Radikalisme. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(01).

Dawam Rahardjo, Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep- konsep Kunci, Cet. II. Jakarta: Paramadina, 2002.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur-an,1971.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. Farihah, R. K., Ritonga, D., & Masykur, M. (2021). Kesadaran Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan Islam. GUEPEDIA.

Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek, Jilid I, Jakarta: UI Press, 1979. Jalaluddin, Psikologi Agama, Cet. VII Jakarta: Raja Grafindo, 2003.

Kasmiran Wuryo dan Ali Syaifullah, Pengantar Ilmu Jiwa Sosial, Jakarta: Erlangga 1982.

Muhaimin, et al, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. I, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.

Sidi Gazalba, Masyarakat Islam Pengantar Sosiologi dan Sosiografi, Cet.I, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles