Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Talang Ulu

Authors

  • Susi Susanti MIS Ar-Rahmah
  • Cicah Nurhidayah MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu

Keywords:

Metode Dril, Hasil belajar dan Al-Quran Hadis’t

Abstract

Kemampuan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadist merupakan hal paling dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Jika proses mempelajari Al-Qur’an dan Hadist dimulai sejak dini, maka akan menghasilkan penguasaan yang lebih baik terhadap Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar baca tulis siswa setelah mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menerapkan metode Drill pada kelas IV di MIM 14 Talang Ulu, Apakah penerapan metode Drill ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar baca tulis Al-Qur’an Hadits siswa pada kelas IV di MIM 14 Talang Ulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan sebanyak tiga siklus, yang dilaksanakan di MIM 14 Talang Ulu. Setiap siklusnya dilakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dianalisa bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III, menunjukkan peningkatan hasil belajar baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di MIM 14 Talang Ulu. Setelah data dianalisa melalui rumus komparasi T-test dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dari perbandingan pre-test dengan siklus I sebesar 7,351. Kemudian perbandingan siklus I dengan siklus II sebesar 10,97 dan perbandingan siklus II dengan siklus III adalah 13,13. Sedangkan besarnya ttabel pada taraf 1% adalah 3,01 dan taraf 5% adalah 2,16. Maka dapat diketahui t0 dari siklus I sampai dengan siklus III menunjukkan perbedaan yang lebih besar terhadap ttabel, pada taraf 1% maupun pada taraf 5% yaitu: 2,16 < 3,01< 13,13. Dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar baca tulis Al-Qur’an dan metode drill efektif diterapkan pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadist.

References

Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 1985. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjad, Zakiyah. 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

-------. 2004. Metodik Khusus pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Anwar Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dokumen wawancara dengan guru bidang studi Al-Qur’an Hadits Ibu Zahara Ilbatul pada hari Rabu, 10 Oktober 2011.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

-------. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Nurdin. 2003. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif Untuk Perataan Kualitas Hasil Belajar (Suatu Kajian). Download 5 November 2006, http:www.depdiknas.Go.id/Jurnal/44/

Ihkwan, Muhammad Nur. 2007. Studi Ilmu Hadits. Semarang: Rasail Media Group.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada.

Kusnandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Nata, Abudin. 1996. Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: Grafindo Persada.

-------. 2005. Filsafat Pendidikan Islam Edisi Baru. Jakarta: Gaya Media Pratama.

NK, Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Qadir, Muhammad Abdul. 1985. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rivai, Veithzal. 2000. Upaya-upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat Spama Survei di Diklat Departemen Kesehatan. Diakses: tgl 4 November 2006, http:www.depdiknas.go.id/Jurnal/40

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar MicroTeaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGravindo Persada.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al-Gensindo.

-------. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suwarna et al. 2005. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Syah, Darwyan dan Supardi. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Team Pustaka Phoenik. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru. Jakarta: Pustaka Phoenix.

-------. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Phoenix.

Usman, Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Kudar m. 2009. Studi Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles