Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Slswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Raudhatul ’Ulum Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat

Authors

  • Tri Yuliani MTs. Raudhatul ‘Ulum Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat

Keywords:

Motivasi, Aqidah Akhlak

Abstract

Bahwa hasil belajar merupakan gambaran kemajuan atau perkembangan peserta didik sejak pertama kali mengikuti program pendidikan sampai dengan berakhirnya program pendidikan yang dilaluinya. Sehingga hasil belajar dapat terlihat setelah peserta didik memperoleh pengalaman belajar dan perubahan perilaku. Maka dengan adanya perubahan pada diri siswa setelah mengalami pengalaman belajar dan itulah yang disebut dengan hasil belajar. Seseorang siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, memiliki dorongan atau keinginan untuk mempelajari suatu mata pelajaran, siswa yang memiliki keinginan dan dorongan untuk mempelajari suatu mata pelajaran dibimbing oleh kebutuhannya. Salah satu kebutuhan yang mendekati keberhasilan dalam mempelajari suatu mata pelajaran adalah kebutuhan berprestasi. Bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, akan ditandai dengan keinginan yang berani untuk bersaing dan menerima umpan balik serta dorongan untuk selalu bertanggung jawab dan pencapaian tujuan. Bahwa siswa yang memiliki dorongan untuk memikul tanggung jawab dan pencapaian tujuan pembelajaran, menjadikan siswa untuk selalu disiplin dan fokus dalam mempelajari suatu mata pelajaran. Oleh karena itu, siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Dengan demikian jika dalam meningkatkan hasil belajar suatu mata pelajaran, perlu adanya upaya peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi yang diwujudkan dalam bentuk tindakan, merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk memprediksi kemajuan belajar.

References

A M, Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Brigg, Lislie J., Instructional Design and Applications, Englewood, NJ: Educational Technology Publication, Inc, 1979.

Davies, Ivor K., Pengelolaan Belajar, Alih Bahasa Sudarsono Sudirja, Jakarta: Rajawali, 1991.

Doneley, Jamesh H., James L. Gibson, M. Ivancevich, Organization, 5th Editional, Texas: Business Publications, 1984.

Gagne, Robert M., The Conditional of Learning and Theory of Instruction, Tokyo: Holt- Sanders International Edition, 1985.

----------------------, Essential of Learning for Instructional, Illionis: The Dryden Press. 1975. Handoko, Martin, Motivasi daya Penggerak Tingkah Laku, Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Imron, Ali, Belejar dan Pembelajaran, Jakarta: Pustaka Jaya, 1996 Koeswara, Motivasi Teori dan Penelitian, Bandung: Penerbit Angkasa, 1995.

Lindargen, Henry Clay , Educational Psychology in the Classroom, Canada: John Wiley & Sons, 1976.

Martaniah, Sri Mulyani, Motif Sosial: Remaja Suku Jawa dan Keturunan Cina di Beberapa SMA Yogyakarta, Suatu Studi Perbandingan, Surabaya: Gajah Mada University Press, 1984.

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Rowinszowski, Designing Intructional System Decision Making in Course Planning, New York, Nicholas Publishing, 1981.

Siskandar, Sikap Motivasi, dan Peran Orang Tua Yang Dipersepsikan Anak Dalam Kaitan Dengan Hasil Belajar Matematika, Desertasi, Jakarta: PPs IKIP Jakarta, 1999.

Syamsuddin, Abin, Pedoman Studi Psikologi Kepribadian, Bandung: IKIP Bandung, 1990. Smith, Rolland E., Irwin G. Sarason, Barbara R. Sarason, Psychology the Frontiers of Behavior, New York: Harper & Row Publishes, 1982.

Soekamto, Tuti, Perencenaan dan Pengembangan Sistem Instruksional, Jakarta: Intermedia, 1993.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1999. Steers, Richard M., Lyman W. Porter, Motivation and Work Behavior, New York: Mc.Graw-Hill, 1987.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Gradindo Persada. 1998. Sukardi, E. dan W.F. Maramis, Penilaian Keberhasilan Belajar, Surabaya: Erlangga University Press, 1986.

Terry, Goerge dan Stephen Fraklin, Prinsiples of Management, Illinois: Richrad D. Irwin, 1987.

Travers, Robert M.W., Essentialis on Learning: The New Cognitive Learning for Studies of Education,New York: 1989.

Winkel, W S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1991

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles