Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa

Authors

  • Teguh Ari Wibowo MAN 1 Way Kanan

Keywords:

Pembiasaan, Sholat, Dhuha, Disiplin, Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan disiplin belajar siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha di MAN 1 Way Kanan Kecamatan Baradatu. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif yang termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa-siswi MAN 1 Way Kanan Kecamatan Baradatu. Pengambilan data dari siswa-siswi kelas X yang berjumlah 25, siswa putra berjumlah 10 orang dan siswa putri berjumlah 16 orang. Kelas X diambil sebagai sampel karena anak kelas X adalah siswa baru yang memerlukan bimbingan awal agar dalam menyesuaikan diri di MAN 1 Way kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) bahwa dengan pelaksanaan pembiasaan shalat Dhuha di MAN 1 Kecamatan Baradatu yang dilaksanakan setiap hari Selasa sampai Jum’at pada jam 07.00-07.30, shalat Dhuha dilaksanakan secara berjama’ah mulai dari kelas X sampai kelas XII, jumlah rakaat shalat dhuha dari pihak sekolah menganjurkan minimal 2 raka’at terlebih dahulu untuk meningkatkan disiplin waktu dan terbiasa dalam melaksanakan shalat dhuha. 2) persentase pelaksanaan pembiasaan shalat Dhuha ini berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa dalam belajar; 3) Kondisi tempat yang digunakan untuk shalat Dhuha ini kurang memadai, karena menggunakan lapangan halaman sekolah dengan cara menghamparkan tikar, sehingga perlu waktu untuk persiapan shalat Dhuha tersebut

References

Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahab Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah Thaharah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, (Jakarta: Amzah, 2010), hlm. 238.

Abrasyi, M.Athiyah, Dasar Dasar Pokok Pendidikan Islam, Penerjemah: Bustami Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Agus, H. Z. (2018). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghozali. Raudhah Proud To Be Professionals JurnalTarbiyahIslamiyah , 18.

An Nahlawi Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. (Jakarta: Gema Insani, 2004), 187.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ash-Shiddieqy dan Tengku M. Habsyi, Pedoman Shalat,Semarang: Pustaka Rizki, 2001.

Azwar, Saiful, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. 2001 Danim, Sudarman, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Depdiknas, kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Desmita, Psikologi perkembangan Peserta Didik,(Bandung: Rosda Karya, 2014) Heri Jauhari, Muchtar, Fikih Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005

Koentjoroningrat, Metode Peneltian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1998.

Makhdlori, Muhammad. 2007. Menyingkap Mukjizat Shalat Dhuha. Jogjakarta: Diva Press.

Margono, S.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003. Meleong, Lexy J.,Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2007

Moch. Zuhri, Kunci Ibadah dengan Bimbingan Shalat Lengkap, (Bandung: Sayykiah, 1987),

Muhammad Rabbi dan Muhammad Jauhari, Keistimewaan Akhlak Akhlak Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2006.

Mulkhan, Munir, Paradigma Intelektualitas Muslim,Yogyakarta: Sippress, 1993.

Mulyasa, H. E. 2003. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2003.

Novianti dan Hunainah, Hubungan Kedisiplinan Dan Pemahaman Ayat-Ayat Al- Qur’an Dengan Akhlak Siswa, Jurnal Qathruna: Vol. 7(1), 2020.

Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka,2007. Rahim, Husni. Kendali Mutu Agama Islam. Jakarta: Departemen Agama RI, 2001.

Rifa‟i, Moh. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1976.

Shofia, Abu, Amalan Shalat Sunnah & Keutamaannya. Surabaya: Karya Agung, 2003.

Soleh, Moh. “Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas 4 Di MI Ma’arif Candran Yogyakarta” Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Subandi, Seminar Setengah Hari: Menyoal Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: 6 Juni 2001. dalam http: //en. Wikipedia.org/wiki/spiritual_intelligence.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta, 2006.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles