Model Project Based Learning (PJBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Ulul Ma’rifah MI Miftahul Jannah Sumber Gede Sekampung Lampung Timur

Keywords:

PTK MI. Project Based Learning QS. al-‘Aṣhr

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV Semester Ganjil Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur Tahun Ajaran 2022-2023. Deskriptif kualitatif melalui dua siklus sebagai metode penelitiannya. Dengan jumlah subyek sebanyak 24 peserta didik sebagai subyeknya. Data dikumpulkan melalui hasil obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Berfokus pada materi pelajaran QS. al-‘Aṣhr dengan peta konsep. kompetensi inti dan dasar serta indiktornya dijabarkan melalui empat aspek, spiritual, kognitif, keterampilan, dan sosial menghasilkan karkater disiplin, jujur, dan sabar. Mampu melafalkan dan membaca, menerjemahkan atau mengartikan, menghafalkan dan menguraikan penjelasan isi kandungan QS. al-‘Aṣhr sebelum tindakan (pra siklus) masih tercapai sebesar 56,% dengan predikat rendah (belum mencukupi) sesuai harapan nilai KKM yang ditetapkan 75%. Setelah ditindak lanjuti melalui model procjer based learning ternyata mengalami peningkatan pada siklus 1, sebesar 69% dengan kategori baik, pada siklus II kenaikan hasil pembelajaran diperoleh dengan kategori sangat baik ditunjukkan nilai pencapaian sebesar 76%. Kemampuan melafal dan membaca, dari pra siklus 56%, siklus I 69% dan siklus II 76%. Kemampuan mengartikan menjelaskan isi kandungan, dan menulis pra siklus 60%, siklus I 68% dan siklus II 79%. Kemampuan menjelaskan isi kandungan, pra siklus 65%, siklus I 67% dan siklus II 78% dan kemampuan menulis pra siklus 56%, siklus I 69% dan siklus II 80%. Mengkomunikasikan aspek teoritis (kognitif dan afektif) atau melatih (dengan pembiasaan) dalam menjalankan sikap disiplin, jujur dan sabar dalam kehidupan sehari-hari. Sikap disiplin, jujur dan sabar ditunjukkan prosentase nilai yaitu: kedisiplinan dalam pra siklus 57%, siklus I 75 % dan siklus II 85%. Kejujuran pra siklus 59%, siklus I 77% dan siklus II 80%. Kesabaran pra siklus 60%, siklus I 78% dan siklus II 80%. Berdasarkan hasil yang dipeeroleh melalui studi teori dan lapangan (obervasi) serta hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran menyimpulkan bahwa dari pra siklus ke siklus 1, dari siklus 1 ke siklus II telah mengalami peningkatan artinya model procjer based learning sangat efektif diterapkan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengkonstruksikan pemahamannnya terhadap materi melalji tindakan kedalam kegiatan sehari-hari, termasuk dalam pembelajaran dikelas.

References

Alessi, Stephen. 2000. “Designing Educational Support in System-Dynamics-Based Interactive Learning Environments.” Simulation & Gaming 31(2):178–96. doi: 10.1177/104687810003100205.

Anggreini, Ririn, and Sulis Mariyanti. 2014. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif.” Jurnal Psikologi 12(1):34–42.

Anon. n.d. “Course Objectives & Learning Outcomes | Course Design | Teaching Guides | Teaching Commons | DePaul University, Chicago.” Retrieved September 15, 2022 (https://resources.depaul.edu/teaching-commons/teaching-guides/course-design/Pages/course-objectives-learning-outcomes.aspx).

Brown, Bettina Lankard. 2003. “M YTHS AND R EALITIES Teaching Style vs . Learning Style.” Educational Resources Information Center 26(1):1–2.

Cook, Thomas D., Melissa R. Herman, Meredith Phillips, and Richard A. Settersten. 2002. “Some Ways in Which Neighborhoods, Nuclear Families, Friendship Groups, and Schools Jointly Affect Changes in Early Adolescent Development.” Child Development 73(4):1283–1309. doi: 10.1111/1467-8624.00472.

Holubova, Renata. 2008. “Effective Teaching Methods--Project-Based Learning in Physics.” Online Submission; US-China Education Review v5 N12 P27-36 Dec 2008 5(12):27–36.

Khasinah, Siti. 2013. “Classroom Action Research.” Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, 1(2):33–61.

Khoiriyah, Anna Jarrotul, and Husamah Husamah. 2018. “Problem-Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, and Learning Outcome of Seventh Grade Students.” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 4(2):151–60. doi: 10.22219/jpbi.v4i2.5804.

KLAUS F. RIEGEL AND JOHN A. MEACHAM. 1978. “Dialectics, Transaction, and Piaget’s Theory.” Perspectives in Interactional Psychology 23–24.

Kokotsaki, D., V. Menzies, and A. Wiggins. 2014. “Durham Research Online Woodlands.” Critical Studies on Security 2(2):210–22.

Marzuki, Ahmad. 2020. Al-Qur’an Hadis Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. ke-1. edited by Abdul Muhith. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Mirzon Daheri dan Idi Warsah. 2006. “PENDIDIKAN AKHLAK: RELASIANTARASEKOLAHDENGAN KELUARGA.” At-Turats 12(1):3–14.

Rohmah, Umi. 2014. “Resiliensi Dan Sabar Sebagai Respon Pertahanan Psikologis Dalam Menghadapi Post-Traumatic.” Jurnal Ilmu Dakwah 6(2):312. doi: 10.15575/jid.v6i2.340.

Seel, Norbert M. 2017. Model-Based Learning: A Synthesis of Theory and Research. Vol. 65. Springer US.

Subandi. 2011. “Sabar: Sebuah Konsep Psikologi.” Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada 38(2):215–27.

Tarigan, E. Br. 2018. “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 15(3):272–82.

Terborg, James R. 1981. “Interactional Psychology and Research on Human Behavior in Organizations.” Academy of Management Review 6(4):569–76. doi: 10.5465/amr.1981.4285691.

Yusuf, M, Dona Kahfi, MA. Ibala. 2017. “Sabar Dalam Perspektif Islam Dan Barat.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 4(2):233–45. doi: 10.53627/jam.v4i2.3225.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles