Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Qudsiyah Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Fitriyani Mis Qudsiyah, Lampung Utara

Keywords:

Akidah, Akhlak, Demonstrasi

Abstract

Latar belakang masalah adalah meskipun dalam pembelajaran Aqidah Ahlak telah menggunakan metode demonstrasi dan penggunaan metode-metode lainnya yang menurut siswa untuk lebih aktif berfikir dan menghayati, setelah dilakukan pengamatan masih terdapat beberapa siswa yang tidak berperan aktif dalam pembelajaran tersebut. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana penggunaan metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Ahlak siswa kelas IV pada Madrasah Ibtidaiyah Qudsiyah tahun ajaran 2022/2023?” Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Qudsiyah tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Analisis data kualitatif adalah aktifitas insentif yang memerlukan pengertian yang mendalam, ketersediaan kreativitas, kepekaan konseptual, dan pekerjaan berat. Data kualitatif digunakan untuk menganalisa data yang tidak berbentuk angka, dan data kualitatif juga digunakan untuk menganalisa data deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Metode induktif adalah berangkat dari fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa konkrit kemudian fakta dan peristiwa yang khusus atau konkrit itu ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan penggunaan metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Ahlak adalah untuk mengembangkan kemampuan psikomotorik siswea kelas IV. (2) Proses penerapan metode demonstrasi pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Qudsiyah menyesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. (3) Hal-hal yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap proses pemahaman materi pembelajaran Aqidah Ahlak diantaranya adalah lingkungan dan keluarga.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles