Pengembangan Media Kartu Domino Modifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di MIN 2 Bandar Lampung

Authors

  • Tri Murti Ambar Wulan MIN 2 Bandar Lampung

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Alquran Hadits, kartu Domino Modificatio

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa minat dan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MIN 2 Bandar Lampung kelas 5 sangat rendah. Hal ini dikarenakan siswa menganggap mata pelajaran ini sulit karena bersifat hafalan, dan siswa kurang memperhatikannya, karena selama ini metode pembelajaran masih konvensional dimana guru masih dominan dan siswa dikondisikan untuk menghafal mata pelajaran. Padahal mata pelajaran Al-Qur'an Hadits membutuhkan metode pembelajaran atau meida yang kreatif dan bervariasi yang dapat memicu motivasi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti menawarkan media pembelajaran yang berbeda, dimana harapannya media ini dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kartu modifikasi Domino dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada siswa kelas V MIN 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020-2021 sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM). Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 2 siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode angket dan metode tes. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan kartu domino modifikasi mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan adanya peningkatan pada setiap tindakan. Pada tindakan sebelum siklus ada 45% atau 9 anak yang tuntas, setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 74,35% atau 15 anak. Peningkatan ini belum mencapai yang diharapkan 80% dari jumlah siswa yang harus tuntas. Kemudian dilakukan tindakan siklus II dan hasilnya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 100% atau 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kartu modifikasi domino yang menekankan pada pemaksimalan otak kiri dan otak kanan terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Dengan demikian, dapat disarankan agar media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu menggali informasi siswa dan mendukung keberhasilan belajar siswa.

References

Asyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.hlm. 25

Depdikbud.1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Desty Dyah Wardani, "Pengembangan Media Kartu Domino Modifikasi Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur Akar dan Batang Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar"(Skripsi S1 FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2017) hlm.7

Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Karwati, E. (2014). Manajemen kelas (Classroom Management) guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi.. Bandung: Alfabeta.

KMA No. 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah (Direktorat KSKK Madrasah, Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, 2019) hlm. 91

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital, Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhma, A. (2010). Penggunaan media kartu permainan domino untuk meningkatkan keterampilan belajar pecahan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri Menuran 02 Baki Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret.

Reality. (2008). Kamus terbaru kamus bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.

Ruseno, R. (2011). Penggunaan media kartu domino untuk meningkatkan keterampilan berhitung pecahan siswa kelas III SDN 2 Kalangan Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, P. (2011). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles