Pemanfaatan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V (Lima) Pada Mata Pelajaran IPA Di MI Darunnaja

Authors

  • Eva Aini MI Darunnaja Pemandi, Urai

Keywords:

Pemanfaatan Metode Eksperimen

Abstract

IPA adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar dan isinya. Pembelajaran IPA ini sangatlah penting bagi siswa kelas V MI DARUNNAJA, dikarenakan rendahnya tingkat prestasi dan keinginan siswa untuk melakukan percobaan oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI DARUNNAJA di lakukanlah penelitian tindak kelas dengan menggunakan metode eksperimen.  dalam upaya peningkatan belajar siswa pada pembahasan perubahan sifat benda ini mengalami dua siklus dengan masing-masing empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada prasiklus keaktifan siswa 40,47%, sedangkan observasi kegiatan guru 51,85% rata-rata kemampuan siswa 64, pada siklus ke 1 kehadiran siswa 66,67%, observasi kegiatan guru 74,70% rata-rata kemampuan siswa 79, pada siklus ke 2 keaktifan siswa 88,89%, observasi kegiatan guru 88,89% dan kemampuan siswa 84. berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada mata pelajaran IPA. Sehingga siswa mampu mencapai standard yang telah ditentukan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa telah berhasil, semoga metode eksperimen ini dapat di gunakan jika guru mengalami kesulitan.

References

Amalia Sapriati, d. (2009), Pembelajaran IPA Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002b). Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Puskur.

Pgsd, r. (2012, 12). Perubahan Sifat Benda. Retrieved 14 Kamis, 2022, From Google

Riadi, Muchlisin .2001. “Metode Eksperimen” https://www.kajianpustaka.com/2021/09/metode-eksperimen.html, di akses pada 14 Juli 2022 pukul 21.00

Spot, b. (2013, 3), Google. Retrieved 14 Kamis, 2022, From Definisi IPA: de 151515. Blog spot, com

Ut, t.-f. (2013). Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wardani. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-10-11

Issue

Section

Articles