Implementasi Pendidikan Vokasi di MAN 1 Bungo Plus Keterampilan

Authors

  • Vitia Marza Puri MAN 1 BUNGO

Abstract

Penelitian mengenai Pendidikan vokasi di Madrasah Aliyah bertujuan untuk mengetahui  minat dan penerapan pendidikan vokasi atau yang lebih sering dikenal dengan keterampilan/skil di MAN 1 Bungo. Dalam penelitian ini, populasi yang terlibat adalah peserta didik  teknik pengelasan yakni kelas XII Ilmu Sosial 2. Jumlah sampel penelitian yang dimanfaatkan berjumlah 15 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket. Analisa data kuesioner menggunakan statistika deskriptif yakni statistik yang digunakan menganalisis data dengan cara mendeskrIlmu Sosialikan data yang sudah terkumpul, sebagaimana adanya tanpa bermaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku dalam umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebanyak 100 % Peserta didik mengetahui tentang sekolah vokasi dan keinginan mereka untuk melanjutkan pendidikan di MAN 1 Bungo.; (2) sebanyak 87 % -93 % Peserta didik mengatakan bahwa pendidikan vokasi dapat membuat mereka membuka lapangan pekerjaan sendiri dan membantu perekonomian keluarga.(3) kurang dari 80 % mengatakan bahwa masuk MAN 1 Bungo lebih dibutuhkan dalam dunia pekerjaan dimasa depan.

 

References

Burhan, I., Afifah, N., & Sari, S. N. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Insan Cendekia Mandiri.

Ditjen PEN/MJL/003/10/2012 Edisi Oktober. Warta Ekspor Asean Community 2015

Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Stategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press

Indrayanto. 2010. Pengertian Proses Pembelajaran,[online]. Tersedia: http://id.shvoong.com/social- sciences/education/2043097- pengertianproses-pembelajaran

Izadi, A., Mohammadi, M., Nasekhian, S., & Memar, S. (2020). Structural functionalism, social sustainability and the historic environment: a role for theory in urban regeneration. The Historic Environment: Policy & Practice, 11(2-3), 158-180.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65.

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran online mata pelajaran matematika di MAN 1 lampung selatan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 250-260.

Suharsimi Arikunto.2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010 . Statistik untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumadi Suryabrata. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali

Suprihatiningsih, Suprihatiningsih. "Implementasi Kurikulum Pendidikan Keterampilan Vokasi di Madrasah Aliyah (Studi pada Madrasah Aliyah di Provinsi DKI Jakarta)." Indo-Islamika, vol. 5, no. 2, 2015, pp. 183-211,

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional: 2003

Downloads

Published

2022-12-02

Issue

Section

Articles