Penggunaan Media Strip Story dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alqurán Hadits di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Mufidhatul Hasanah MI Darul Falah Salamkanci

Keywords:

media strip story, hasil Belajar, mata pelajaran al-qur’an Hadits

Abstract

Proses belajar mengajar di kelas memegang peranan penting terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan metode ceramah dan guru sebagai satu-satunya sumber belajar tanpa adanya media membuat komunikasi antara guru dan siswa tidak berjalan lancar yang berdampak terhadap kurangnya pemahaman siswa karena penjelasan guru yang monoton sehingga terkesan membosankan dan banyak siswa merasa enggan menerima pelajaran karena pembelajaran yang kurang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan Media Strip Story pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Darul Falah Salamkanci. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI Darul Falah Salamkanci Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, dengan sampel penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan Media Strip Story masih tergolong rendah dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 28,00%. Setelah menggunakan Media Strip Story, yaitu pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat sebanyak 64,00%, sedangkan pada siklus II meningkat sebanyak 88,00%. Hasil nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 77,44 dan rata-rata kelas siklus II meningkat menjadi 87,20. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Strip Story mampu meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VI di MI Darul Falah Salamkanci

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2003). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya Beberapa Pokok Pikiran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_________ (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S.B. & Aswan Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Hartono (2004). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Kemasyarakatan Kependidikan dan Perempuan (LSFK2P) Bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iskandarwassid & Dadang S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khaeruddin, dkk. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media.

Kusumah, W. & Dedi D. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahadi, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Raharjo, K.S. (2009). Pengertian dan Ciri-Ciri Pembelajaran. Retrieved 5 Desember, 2012, from krisna1.id website: http:www//krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertiandan-ciri-ciri-pembelajaran/

Sadiman, A.S., dkk. (1993). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Pendidikan.

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles