Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Upaya Meningkatkan Model Mental Fisika Siswa

Authors

  • Hasnawati Haili Madrasah Aliyah Negeri 1 Muna

Abstract

Model mental adalah  tinjauan konstruksi pengetahuan siswa dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Untuk dapat memecahkan masalah dengan baik maka siswa mesti memahami konsep secara utuh dalam berbagai bentuk representasi. Kemampuan mempresentasi ulang semua konsep yang sama dengan format yang berbeda, termasuk verbal, gambar, matematik dan grafik adalah kemampuan multirepresentasi. Multirepresentasi membantu mengembangkan pemahaman peserta didik terhadap soal fisika, membangun jembatan antara representasi verbal dan matematis, dan membantu peserta didik mengembangkan gambaran yang memberi makna terhadap simbol matematis. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru fisika di MAN 1 Muna ditemukan bahwa pembelajaran fisika belum memperhatikan model mental siswa serta belum menerapkan pembelajaran berbasis multirepresentasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan model mental siswa sebagai efek pembelajaran berbasis multirepresentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Muna. Sebanyak 28 peserta didik, dengan jumlah laki-laki 10 orang dan perempuan 18 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes pemecahan masalah. Hasil jawaban peserta didik kemudian akan dianalisis untuk dikategorikan pada tiga tingkat model mental yaitu model mental Sound Understanding (SU); Partial Understanding (PU) dan No Understanding (NU). Sebelum perlakuan, 26 siswa terkategori NU dan sisanya 2 orang terkategori memiliki model mental PU. Setelah diberikan perlakuan, terjadi perubahan hasil kategorisasi yaitu 1 siswa terkategori model mental NU, 12 siswa terkategori pada model mental PU dan 15 orang terkategori model mental SU. Terjadi peningkatan model mental peserta didik setelah perlakuan pembelajaran berbasis multirepresentasi.

 

References

Ainsworth, S. (1999). The Function of Multiple Representations. Computer & Education, 33. 131-152.

Alfika, ZA. & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan memecahkan masalah pelajaran fisika siswa Madrasah Tasanawiyah. Seminar Nasional Quantum (25).

Corpuz, E.D. & Rebello, N.S. (2011). Investigating Students’ Mental Models and Knowledge Construction of Microscopic friction. II. Implications for curriculum design and Development. Physics Review Special Topics PER. 07 (2) 020102-1 – 020102-9.

Fraenkel, J. R, Wallen, N. E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. NY : Mcgraw-Hill Publishing Company.

Gentner, D. (2002). Mental Models, Psychology. International Encyclopedia of the Social and Behavioral Sciences , 9683-9687. Amsterdam: Elsevier Science.

Greca, I.M. & Moreira, M.A. (2000). Mental Models, Conceptual Models, and Modelling. International Journal of Science Education. 22 (1) 1- 11.

Hendriani, S. 2017. Identifikasi Model Mental Siswa Madrasah Aliyah pada Konsep Konveksi Kalor Melalui Analisis Tingkat Pemahaman dikaitkan dengan Model Pembelajaran yang Diterapkan. Tesis Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.

Heuvelen, A.V. & Zou, X. (2001). Multiple Representations of Work-Energy Processes. Am. J. Phys 69 (2),184 – 194.

Hubber P., Tytler, R. & Haslam, F. (2010). Teaching and Learning About Force With A Representational Focus : Pedagogy and Teacher Change. Research Science Education, 40, 5 – 28.

Izsak, A. & Sherin, M.G. (2003). Exploring the use of New Representations as a Resource for Teacher Learning School Science and Mathematics, 103 (1), 18-27.

Jansoon, N., Cool, R.K. & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students. International Journal Of Environmental & Science Education. 4 (2), 147 – 168.

Kurnaz, M.A., & Eksi, C. (2015). An Analysis of High School Students’ Mental Models of Solid Friction in Physics. Educational Sciences: Theory & Practice,15(3), 787-795.

Kurnaz, M.A & Emen, A.Y. (2014). Student Mental Models Related to Expansion and Contraction. Acta Didactica Napocensia, 7(01), 59-68.

Laliyo, L.A.R. (2011). Model Mental Siswa Dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 08 (10), 1-12.

Lin, J.W & Chiu, M.H. (2007). Exploring the Characteristics and Diverse Sources of Students’ Mental Models of Acids and Bases. International Journal Of Science Education, 29(6), 771-803.

Mansyur, J. (2010). Kajian Fenomenologi Aspek-Aspek Model Mental Subyek Lintas Akademik dalam Problem Solving Konsep Dasar Mekanika. Disertasi Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prain, V. & Waldrip, B.G. &. (2006). An Exploratory Study of Teacher’s and Students’ use of Multi-Modal representation of Concepts in Primary science. International Journal of Science Education. 28, 1843-1896.

Redish, E.F., (1994). Implication of Cognitive Studies for Teaching Physics. American Association of Physics Teachers, 62 (9) 796 – 803.

Ringo, ES., Kusairi, S., Latifah, E. (2019) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Volume 4 (2) : 178.

Rosengrant, D.R. (2007). Multiple Representations and Free-Body Diagrams : Do Students Benefit From Using Them? Dissertation : The State University of New Jersey. {Online}.

Senge, P.M. (1990). The Fifth Discipline: The Art and Practice of The Learning Organisation. New York : Currency Doubleday.

Sternberg, R.J. 2008. Psikologi Kognitif Edisi Keempat. Terj. Tyudi Santoso, S.Fil. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sunyono, Yuanita, L., Ibrahim, M. (2015). Mental Models of Students On Stoichiometry Concept in Learning by Method Based on Multiple Representation. The Online Journal of New Horizons in Education, 5 (2) 30 -45.

Supriyatman. (2016). Pengembangan Program Perkuliahan Kelistrikan Dan Kemagnetan Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Memperbaiki Model Mental Dan Meningkatkan Mental Model Ability Mahasiswa Calon Guru Fisika. Disertasi Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.

Ulvarina, Loviza. 2009. Penggunaan Pendekatan Multi Representasi Pada Pembelajaran Konsep Gerak Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi siswa SMP. Tesis Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.

Wang, C.Y. (2007). The role of mental-modeling ability, content knowledge, and Mental models in general chemistry students’ understanding About molecular polarity. Ph. D Dissertation. Columbia : University of Missouri. {Online}.

Downloads

Published

2022-12-02

Issue

Section

Articles