Pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Taman Sari Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus

Authors

  • Siswanto MTs Al Khairiyah Taman Sari Pugung Tanggamus Lampung

Keywords:

Taman Pendidikan Al-Qur’an, Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TPQ terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Tamansari. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket, sedangkan data yang terkumpul di analisa dengan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil pengujian diatas ternyata Kei kuadrat ( ) hitung lebih besar dari pada Kei kuadrat ( ) tabel, baik pada taraf signifikasi 1% maupun pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima yaitu yang berarti ada pengaruh pembelajaran TPQ terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa. Kemudian hipotesis nihil (Ho) ditolak. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (Pembelajaran TPQ) dengan variabel terikat (Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits siswa) maka dihitung dengan rumus koefisien kontingensi (KK) atau C, dari hasil perhitungan diperoleh harga C = 0,514 dan dibandingkan Cmaks = 0,816. Bila dilihat pada tabel koefisien kontingensi terdapat diantara 0,290-0,578, maka ada pengaruh yang cukup erat antara kedua variabel tersebut

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21413111042.pdf, dikutip 16 November 2022. Pkl. 10.30 WIB

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012) edisi I cet ke-24

Arief, Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

As’ad Humam, Konsep Naskah Buku Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan TKATPA Nasional, (Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an, 1995,) hal.7.

As’ad Humam, Pedoman Pengolahan, Pembinaan dan Pengembangan TKA-TPA Nasional, (Yogyakarta: Balai Litbang Sistem Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an, Team Tadarus AMM, 2009) Edisi Revisi,cet-II

Chairani Idris, Tasrifin Karim, Drs., Pedoman Pembinaan Pengembangan TK Al Qur’an, (Jakarta Pusat: Masjid Istiqlal, t.t) cet. Ke-III

Depag RI, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Proyek Pembinaan Sarana dan Prasarana Perguruan Islam, 2004)

Depdikbud, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiikan Nasional. (Semarang: Aneka Ilmu, 2009)

Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Ramayana Press, 2008)

H.R. Taufiqurrahman, MA. Metode Jibril Metode PIQ Singosari Bimbingan KHM. Bashori Alwi, (Malang: IKAPIQ Malang, 2005)

Hamzah B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Joko Subagyo, Metode Penelitian (Dalam Teori dan Praktek), (Jakarta: Rineka Cipta, 2009) edisi revisi

Kementerian Agama RI, Mushaf Al-Firdaus (Al-qur’an Hafalan, Terjemah, Penjelasan Tematik), (Jakarta: Pustaka Al-Fadhilah, 2012)

Korcab Qiraati Kebumen, Pembinaan Ta’limul Qur’an Asatidz Metode Qiraati Kabupaten Kebumen, (Kebumen: Korcab Qiraati Kab. Kebumen), 2000, hal. 23.

M. Bukhori, M.Ed., Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan, (Bandung: Jemmars, 2009), Edisi Revisi

M. Hasbi Ash Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, (Jakarta: Bulan Bintang, 2009), edisi revisi

M. Ngalim Purwanto, Drs. Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2009) cet ke-16

Usman, Implementasi Kebijakan Kementerian Agama terhadap Penyelenggara Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kabupaten Pasuruan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, Nomor 1. https://www.researchgate.net/publication/327290435. 28 Maret 2021, Waktu 14.03.

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles