Hubungan Antara Aqidah Dan Akhlak Dalam Islam

Authors

  • Waluyo Ari Wibowo MAS Raudlatul Huda Al Islamy, Pesawaran

Keywords:

Aqidah, Akhlak, Islam

Abstract

Artikel ini membahas mengenai hubungan antara aqidah dan akhlak dalam ajaran Islam. Aqidah sebagai sistem kepercayaan yang bermuatan elemen-elemen dasar keyakinan, menggambarkan sumber dan hakikat keberadaan agama. Sedangkan akhlak sebagai sistem etika menggambarkan arah dan tujuan yang hendak dicapai agama. Akhlak dalam pandangan Islam harus berpijak pada keimanan. Iman tidak cukup hanya disimpan dalam hati, namun harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk akhlak yang baik. Aqidah erat hubungannya dengan akhlak, karena akhlak tersarikan dari aqidah dan pancaran dirinya. Oleh karena itu jika seorang beraqidah dengan benar, maka akhlaknya pun akan benar, baik dan lurus. Begitu pula sebaliknya, jika aqidah salah, maka akhlaknya pun akan salah

References

Abdullah, Y. (2007). Studi Akhlak dalam Persepektif Al-Quran. Jakarta: Amzah Al-Ghazali, I. (tth). Ihya’ ‘Ulum ad-Din. Beirut: Dar Ihya’ al-Kutub al-Islamiyah.

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam. Bandung: P.T. Remaja Rosda Karya.

Amin, A. (2005). Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang.

Amudidin, dkk. (2006). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Graha Ilmu. Anwar, R. (2008). Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Ash-Shiddieqy, H. (tth). Al Islam. Beirut: Dar Ihya’ al-Kutub al-Islamiyah. Ilyas, Y. (2004). Kuliah Akidah Islam. Yogyakarta: LPPI.

Ismail, M.S. (2007). Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta: Bulan Bintang.

Kementerian Agama RI. (2012). Al-Quran dan Terjemahan New Cordova. Bandung: Syaamil Qur’an. Maskawaih, I. (tth). Tahzib al-Akhlak. Beirut: Dar Ihya’ al-Kutub al-Islamiyah.

Nasharuddin. (2015). Akhlak: Ciri Manusia Paripurna. (Jakarta: Raja Grafindo Persada. Pasha, M.K. (2003). Aqidah Islam. Jogjakarta: Citra Karsa Mandiri.

Rohman, R.A. (2007). Akidah dan Akhlak. Bengkulu: Tiga Serangkai. Saebani, B.A. (2005). Ilmu akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Supadie, D.A. (2015). Studi Islam II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supadie, D.A. dkk. (2012) Pengantar Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles