Qashas Al Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Dwi Romsari MIS Al Huda Pancur 2 Mayong Jepara

Keywords:

al-Qashas, metode pendidikan islam, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Dalam proses pembelajaran diperlukan metode-metode yang tepat. Pemilihan metode yang tepat akan menjadikan proses pendidikan termasuk pendidikan agama islam berjalan dengan efektif. Dalam pendidikan agama islam, banyak terkandung nilai-nilai sejarah yang berupa cerita kejadiankejadian masa lalu baik dimasa ketika zaman Rasulullah SAW maupun setelah beliau wafat. Panjangnya kisah-kisah kehidupan masa lampau akan sangat sulit dipahami oleh peserta didik apabila hanya dengan membaca. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode yang paling tepat untuk menceritakan kisah perjalanan perkembangan agama islam sehingga peserta didik dapat memahami secara mendalam dan efisien. Metode ini adalah metode bercerita tentang kisah-kisah yang ada di dalam Al Qur’an. Walaupun metode bercerita ini merupakan metode yang hanya berpusat kepada guru, tetapi apabila dilakukan dengan intonasi yang menarik dan isi ceritanya tepat, maka akan lebih efektif bagi siswa dalam pemahaman cerita sejarah dibandingkan dengan metode lainnya apalagi untuk jenjang madrasah Ibtidaiyah Secara sifat alamiah manusia juga mempunyai kesenangan terhadap cerita. Oleh sebab itu sangat wajar jika cerita dijadikan salah satu metode dalam pendidikan Islam. Metode cerita ini sangat penting dalam pendidikan karena ia bersifat mengasah intelektualitas dan amat berpengaruh dalam menanamkan nilai-nilai moralitas serta humanisme yang benar

References

Abdul Djalal H.A, Ulumul Qur’an (Surabaya: Dunia Ilmu, Cet. 2, 2000)

Abdul Rahman Ghunaimah, Tarikh Al-Jami’at al-Islamiyyah, (Maroko: Dar Al-Thibat al-Maghribiyah, 1952)

Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam, (Bandung: Diponegoro 1989)

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005)

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

Ira Puspita Jati,” Kisah-Kisah Dalam Al-Quran Dalam Perspektif Pendidikan”

M. Athiyah al-Abrasy, Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta’lim, (Qohiroh: Isa al-Babil Halabi, t.t.)

Manna’ Khalil Al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Terj. Mudzakir AS (Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, Cet. 9, 2006)

Martinis Yamin, Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik, (Jakarta: Referensi, 2012)

Muhaimin, Rekonstuksi Pendidikan Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada 2009)

Muhammad Said Mursi, “Seni Mendidik Anak”, (Jakarta: Pustaka Al-Kaustsar, 2001)

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algresindo, 2004), Cet. Ke-4

Susilawati, “Nilai-Nilai Pendidikan Melalui Kisah Dalam Al-Qur’an”, dalam Jurnal Pendidikan Islam vol. 1, no 01, 2016

Suyudi, Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran: Al-Quran, Integrasi, Epistimologi Bayani, Burhani, dan Irfani, (Yogyakarta: Mikhraj, 2005)

Zakiah Daradjat, dkk., Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles