Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Melalui Penerapan Metode Penugasan Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Di MI Asy-Syifa Nihayatul Amal

Authors

  • Ukar Sukarna MI Asy-Syifa Nihayatul Amal Kp.Tambun Kertasari Pebayuran Bekasi Jawa Barat

Keywords:

Metode Penugasan, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Al Quran Hadis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MI Asy-Syifa Nihayatul Amal pada siswa kelas III. Penelitian ini menemukan bahwa: 1) Penerapan metode penugasan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 67,7% (10 orang) dengan kriteria cukup meningkat menjadi 93,3% (14 orang) pada siklus II dengan kriteria sangat baik; 2) Penerapan metode penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadis kelas III MI ASY-SYIFA NIHAYATUL AMAL. Rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I 58 dan ketuntasan belajar mencapai 67,7% (belum tuntas) meningkat pada siklus II rata-rata nilai akhir siswa 69,3 dan ketuntasan belajar 93,3% (tuntas)

References

Abd. Rahman A.Ghani. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks Samsu Somandayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: PT. Graha Ilmu

Abdul Basyid, Pengantar Filsafat Penddidikan, (tt.p.: Unipersitas Muhammadiyah Tangerang Provinsi Banten.,t.p)

Alisuf Sabni. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. UIN Jakarta Press

Malvin L. Selbermen. 2013. Active Learning; Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media dan Nuansa Cendikia

Muhaimin. 2006. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

https://akhmadsudarjat. Woordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan model pembelajaran

Permendikbud. 2013. No. 54, 65 dan 66. Tentang SKL, Standar Proses, dan Standar Penilaian Peraturan Menteri Agama Repubelik Indonesia. 2013. No. 000912

Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Sudaryono. 2014. Clasroom Action Researeh. Jakarata: PT. Lentera Ilmu Cendikia

Ramayulis . 2015. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sahid Raharjo, 2016. Strategi Pembelajaran Informasi (http://Layanan-guru.blogspot.co.id) Selameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Renika Cipta Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Renika Cipta

Suharsimi Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dept Dalam Negeri. PT. Kloang Klede Putra Timur bekerja sama dengan Kopperasi Primer Peraja Mukti Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rasdakarya

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles