Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Darun Nasyi’in Bumi Jawa

Authors

  • Alfiyah Mts-SA Darun Nasyi’in

Keywords:

Peran Guru, Mengatasi Masalah, Kesulitan Membaca

Abstract

Peran guru al-Qur’an Hadits sangat penting untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah, dan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah. Berkenaan dengan hal diatas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Darun Nasyi’in serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Guru Al-Qur’an Hadits memiliki peran yang sangat penting dalam mengajarkan, membiasakan, dan membantu siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah. Sebagai pendidik, pengajar, dan motivator dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an telah dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Faktor pendukung Guru Al-Qur’an Hadits dalam menjalankan perannya berupa adanya program bimbingan Al-Qur’an setiap pagi hari yang dibimbing langsung oleh tutor dan ustadz yang ahli dalam bidang Al-Qur’an, fasilitas dan sarana prasarana yang menunjang siswa dalam belajar Al-Qur’an seperti Pondok Pesantren Darun Nasyi’in, mushola, buku iqra’, juz’ama, dan Al-Qur’an. Adapun faktor penghambat guru Al-Qur’an hadits dalam menjalankan perannya berupa rendahnya minat membaca Al-Qur’an pada diri siswa, kurangnya kefahaman siswa tentang ilmu tajwid, kurangnya perhatian, dukungan dan bimbingan orang tua tentang pentingnya belajar membaca Al-Qur’an maupun membiasakan anak untuk membaca AlQur’an di rumah.

References

Ahmadi, S. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Hanum, L. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Berbasis Konstektual Di Madrasah. Journal Of Islamic Education, 2(2), 68.

Idzhar, A. (2016). Ahmad Idzhar. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Office, Vol. 2, No.2, 2016, 225. Jurnal Office, 2(2), 225.

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan Dalam Studia Didaktika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Uyoh Sadulloh, A. M. (N.D.). Uyoh Sadulloh Dan Agus Muharram, Pedagogik (Ilmu Mendidik), (Bandung: Alfabeta, 2011), 202-203.

Yasin, F. (2008). Dimensi-Dimensi Pendiidkan Islam. UIN Malang Press.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles