Implementasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Mima Banyumas

Authors

  • Muthmainah Mima Banyumas, Kec. Candipuro Kab. Lamsel

Keywords:

Implementasi, Aqidah Akhlak, Pembentukan, Akhlak, Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui implementasi mata pelajaran aqidah akhlak pada peserta didik MIMA BANYUMAS Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan dan untuk mengetahui implementasi pembentukan akhlak pada peserta didik MIMA BANYUMAS Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh observasi, wawancara, dokumentasi. Data di analisis menggunakan metode Reduksi data, Display data, Konklusi data (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis, yang bersifat interaktif, anatar pendidik (guru) dan peserta didik, sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, baik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri guru secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Problematika yang yang di alami dalam pembelajaran aqidah akhlak di MIMA BANYUMAS Kecamatan Candipuro dilakukan dengan merencanakan pembelajaran terlebih dahulu dilanjutkan dengan melaksanakan pembelajaran dengan metode ceramah tanya jawab dan diakhiri dengan menutup pelajaran. Yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi disini ada banyak kegiatan ekstra kurikuler, pramuka, sholat dhuha bejama’ah, sholat dhuhur berjema’ah, kegiatan-kegiatan itu bisa menjadi faktor pendukung Karena peserta didik mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut pelajaran yang di peroleh tentang pelajaran akidah bisa di aplikasikan di kehidupan sehari-hari, karena pelajaran akidah akhlak tidak sekedar ranah penilaian dari luar tapi dari dalam hati.

References

Agama Depertemen RI. (2015) Alquran Dan Terjemahannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Fawaz, “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di MTs Negri Kediri Lombok Barat”jurnal At Tadbir Vol 5. no. 2 (2021): 17.

Haidar Putra Daulay. (2014). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mohammad Ali. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Saprin dkk, “Implementasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dan Pembentukan Karakter Sisiwa MTs Negri 3 Tapanuli Tengah, Antropologi Social Dan Budaya Vol.4, no. 2 (2019):212.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles