Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Pelita Patoman

Authors

  • Rosiyati MIS Pelita Patoman, Pringsewu Lampung

Keywords:

Metode Card Sort, Hasil Belajar Siswa, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan berfikir siswa, kurangnya minat siswa dalam aktifitas belajar mengajar. Selain itu metode yang digunakan guru masih kurang bervariasi sehingga membuat siswa merasa bosan bahkan menantuk dan juga kurangnya kemampuan guru dalam memilih metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode card sort. Metode ini dilakukan untuk penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode card sort dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Itidaiyah Pelita Patoman. Dalam Tindakan ini menggunakan Teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data ini deskriptif kualitatif yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa pada siklus I dan siklus II. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 80%. hal ini membuktikan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abdul Rohim, Muta’alimah, Ayo Memahami Aqidah Akhlak untuk MTs Kelas VIII, Jakarta, PT. Erlangga KMA No. 183 Tahun 2019

Al-Abrasyi. Mohd Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak). Cet. VII, Jakarta: Bulan Bintang, 2001.

Arif, Arifuddin. Tanya Jawab Masalah Pendidikan dan Pembelajaaran. Cet. I, Palu: EnDeCe Press, 2011.

Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I: Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Asy-Ari. Konsep Pendidikan Islam (Implementasinya dalam Tradisi Klasik dan Propagasi Modern). Cet. I, Jakarta: CV. Sejahtera Kita, 2011.

Basri, Hasan. Kapita Selekta Pendidkan. Cet. I, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Depertemen Agama RI. Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: Toha Putra, 2005, 416.

Dradjat, Zakiyah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Cet, 1, Jakarta: Ruhama, 1994.

Fathurrohman, Muhammad. Model-model Pembelajaran Inovatif (Alternative Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan). Cet. I, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembanga., Cet. Iv; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Husdarta dan Nurlan Kusmaedi. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan, Cet. II: Bandung: ALFABETA, CV, 2012.

Indah, Houseware. Pengertian Dasar dan Tujuan Akidah Akhlak, (online).m.kaskus.co.id. Diakses pada tanggal 23 Mei 2018

Jalaluddin. Psikologi Agama. Cet. VI: Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekataan Praktis Disertai dengan Contoh. Cet. III, Jakarta: Rajawali Pres, 2014), 62.

Margono, S. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Putra Cipta, 2000.Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, Buku Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: Ui-Press, 1992.

Milles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. Quantitative Data Analisis, Diterjemahkan Oleh Tjetjep Rohendi, Analisis Data Kuantitatif. Jakarta: UIPress, 1992.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori Ke Praktik. Cet. I, http://www.referensimakalah.com/2013/05/materi-pelajaran-aqidah-akhlakpengantar.html. Diakses tanggal 10 juli 2018

Nasution, S. Metode Research (Penelititan Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Prastowo, Andi. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Cet. I, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Ramayulis dan Samsu Nizar. Filsafat Pendidikan Islam Telaah System Pendidikan Dan Pemikirann Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Ramayulis. Metologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Cet. Ketiga, Bandung: Alfabeta, 2014.

Salam Burhanuddin, Pengantar Pedagogic, Dasar-Dasar Ilmu Mendidik. Cet. I: Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta:Kencana, 2006.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an. Cet. Xxii; Bandung: Mizan, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cet. Ke-20, Bandung: Alfabeta Cv, 2014.

Syafaat ,Aat. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquencv). Ed. 1-2, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Zaini, Hisyam. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles