Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi Di MAN 2 Kepahiang Kabupaten Kepahiang)

Authors

  • Slamet Ridwan MAN 2 Kepahiang

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral, di antaranya adalah meningkatnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak memiliki peran besar dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MAN 2 Kepahiang Kabupaten Kepahiang Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter adalah dengan mendesain perencanaan pembelajaran dengan melibatkan media, (2) penerapan pembelajaran guru Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan karakter siswa yang dilakukan telah mengacu pada tata tertib maupun aturan yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam setiap kegiatan atau proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan (3) evaluasi pembelajaran guru Aqidah Akhlak biasanya berupa ujian tugas dari guru, ulangan harian, nilai PTS dan ulangan PAS siswa. Penyampaian pembelajaran Aqidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang diterapkan oleh guru mata pelajaran dari masing lokasi penelitian tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan.

References

Abdullah bin, Abdil Hamid al-Atsari. Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005.

Aly, Hery Noer dan Munzier. Watak Pendidikan Islam, (Jakarta Utara: Friska Agung Insani, cet. III, 2008.

Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2001

Kesuma, Dharma dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Marzuki. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam PembelajarandiSekolah. Yogyakarta: FIS Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekola. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mujib, Abd, Muhaimin Tadjab. Dimensi-Dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama, 1994.

Parsons, Les. Bullied Teacher Bullied Student, terj. Grace Worang, Jakarta: Grasindo, 2009. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2011.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya, 2007.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles