Bidang Studi Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik MIS Riyadlus Sholihin Bunga Mayang Lampung Utara

Authors

  • Sri Astuti MIS Riyadlus Sholihin, Bunga Mayang-Lampung Utara

Keywords:

Akidah akhlak, Pembentukan Karakter dan Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bidang studi akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MIS Riyadlus Sholihin Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara dalam setiap tahap perkembangan peserta didik yang di awali dari kelas I hingga ke kelas akhir yaitu kelas VI. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, guna untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala, menurut apa adanya pada saat penelitian di lakukan. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwasanya suatu sistem pendidiikan tidak akan tercapai secara maksimal jika tidak adanya kerjasama antara guru bidang studii akidah akhlak dan para orangtua atau wali murid dirumah. Sehingga simbiosis yang baik antara lembaga pendidikan, masyarakat, lingkungan, serta peserta didik bisa mempengaruhi perkembangan karakter, moral,dan akhlak lebih signifikan.

References

Agama Depertemen RI. (2015) Alquran Dan Terjemahannya. Jakarta:Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Balai Pustaka. 2003.

Dr. M. Dahlan. (2016). Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Yogyakarta: Deepublish.

Haidar Putra Daulay. (2014). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles