Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik Di MIN 3 Bengkulu Tengah

Authors

  • Vina Suryati MIN 3 Bengkulu Tengah

Keywords:

Penilaian, Penilain autentik, Implementasi Penilaian

Abstract

Penilain adalah proses untuk pengumpulan data atau informasi untuk menjadi bukti tercapainya pembelajaran peserta didik. Melalui penilaian, guru dapat mengembangkan kompetensi atau talenta yang dimiliki oleh setiap siswa. Adapun kompetensi yang diharapkan dan dikuasai oleh siswa setelah proses belajar mengajar adalah kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Dalam pembelajaran tematik di MIN 3 Bengkulu Tengah menekankan pada penilaian autentik, dimana penilaian di lakukan selama proses pembelajaran berlangsung hingga akhir. Oleh karena itu guru harus mengetahui mekanisme, prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar siswa sesuai dengan kompetensi yang ingin diukur. Kompetensi yang diukur di MIN 3 Bengkulu Tengah melalui penilaian autentik yang menggambarkan tuntutan kompetensi yang ada di standar kompetensi (SK) atau Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

References

Amrulloh, M. T. (2019). Implementasi Penilaian Outentik dalam Pembelajaran Tematik Kelas II B di MIN 8 Blitar. Skirpsi , 20.

Anshori, S. (n.d.). Penerapan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Konsep Dasar Kurikulum 2013 , p. 3.

Baridan, M. A. (n.d.). Implentasi Pembelajaran Tematik Terpadu SDN SeKecamatan Sungai Raya Kabupaten Kuburaya.

Made Endra Danu Merta, M. S. (2015). Analisis Penilaian Autentik menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Kelas IV SD No 4 Banyu Asri. PGSD Universitas Pendidikan Ghanesha.

Munawaroh, S. (2018). Implementasi Penilain Autentik dalam Proses Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Kelas V di MI Nurul Hikmah. Skripsi.

Natalia, D. (2019). Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 4 SDN 124. Skripsi.

Nurlaili, F. (2019). Penilain Autentik pada Pembelajaran Tematik Integratif di kelas 2A MI Ma'arif Fatihan Wetan Babadan. Skripsi.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles