Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi

Authors

  • Maulana MIS Batu Tugu

Keywords:

Teknologi, Pendidikan, Era Globalisasi

Abstract

Perkembangan teknologi tidak dapat kita hindari lagi di Era Globalisasi ini. Perkembangan teknologi yang merata dan semakin marak disetiap bidang kehidupan termasuk dalam bidang Pendidikan memaksa umat manusia untuk mengikuti laju perkembangan teknologi. Dalam pendidikan era globalisasi teknologi sudah menjadi pelengkap utama dalam setiap kegiatan pembelajaran. Inovasi-inovasi baru mucul untuk menunjang kegiatan pembelajaran sebagai dampak dari perkembangan teknologi. Banyak dampak yang tercipta dari perkembangan teknologi. Dampak positif antara lain; 1) dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dan cepat 2) dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas e-mail, chat, sampai komunikasi secara langsung (pembicaraan) sekalipun melalui internet atau yang sering disebut videocall. 3) munculnya bermacam macam komunitas dari internet guna menjalin relasi baru. 4) memudahkan dalam mencari informasi yang butuhkan. 5) memungkinkan berbelanja melalui media internet/online. 6) akses internet dapat kita lakukan dengan dan murah. 7) Mendapat hiburan, sebagai contoh games online, dan lain-lain. Dampak negative antara lain; 1) munculnya penipuan melalui telfon, sms, dan internet 2) Mudahnya mengakses video porno. 3) munculnya penjiplakkan (plagiatisme). 4) pembobolan rekening atau kartu kredit (hacker) atau cybercrime 5) meningkatnya sikap konsumerisme. 6) Perjudian online 7) miss-informasi. 8) lupa menjalankan kewajiban belajar, beribadah, dan lain-lain. Timbilnya dampak perkembangan teknologi mengharuskan kita untuk lebih cerdas lagi dalam mengontrol teknologi.

References

Asri B. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.m(https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/dampak-globalisasi-di-bidang-pendidikan)

Faizah, F. 2009. Dampak Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan, (Online), (http://www.blogger.com/profile/14458280955885383127)

Munir. 2010. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Maqdani, Anggota IKPI.

Surya, M. 2002. Dasar-dasar Kependidikan di SD. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.

Suryabrata, S. 2010. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.

Januar, I. 2006. Globalisasi pendidikan dI indonesia, (Online), (www.friendster.com/group/tabmain.php?statpos=mygroup&gid=340151)

Wardoyo, C. 2007. Urgensi Pendidikan Moral (Online), (http://www.nu.or.i)

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles