Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di MIN 3 Batang Hari

Authors

  • Suyatno MIN 3 Batang Hari

Keywords:

Peningkatan Kinerja Guru; Supervise Edukatif.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan pembelajaran, (2) mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menilai prestasi belajar, (3) mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa, (4) Ingin mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Guru-guru MIN 3 Batang Hari. Data yang diperoleh berupa hasil supervisi guru. Dari hasil analis didapatkan bahwa kinerja guru di MIN 3 Batang Hari mengalami kenaikan sejak adanya supervise, terlihat dari hasi Supervisi 1 dan Supervisi ke 2. Peningkatan dari Menyusun rencana pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Menilai prestasi belajar dan Tindak lanjut prestasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Supervisi Edukatif secara periodic ini mampu menaikkan kinerja guru di MIN 3 Batang Hari dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut.

References

Daradjat, Zakiyah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

-----------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

-----------. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

-----------. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

-----------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

-----------. 2008. Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Depdiknas.

------------. 2009. Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala sekolah. Jakarta.

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kemendiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

------------.2010. Supervisi Akademik. Jakarta.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pidarta, Made . 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta: Binamitra Publishing.

Suharjono. 2003. Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

------------. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing. Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles