Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Desa Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang

Authors

  • Fathoni Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Desa Sumber Makmur

Keywords:

Internet, Peserta Didik, Pembelajaran

Abstract

Seperti yang kita ketahui bersama, internet merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern. secara umum kata modern yang berarti maju. Proses tersebut merupakan pergeseran sikap dan mentalitas sebagai masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini. Hal tersebut dapat kita rasakan sekarang ini khususnya dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sekarang ini guru dan peserta didik dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan. Bila Pendidikan zaman dahulu hanya menggunakan ceramah sebagai bentuk penjelasan yang bersumber dari guru, namun sekarang peserta didik dapat mencari penjelasan materi bukan hanya dari guru tetapi peserta didik dapat mencari penjelasan sendiri melalui internet. Dalam penelitian ini penulis ingin meneliti Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Peserta didik. Dalam Proses Pembelajaran,yang bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak dan besarnya penggunaan internet pada peserta didik dalam proses pembelajaran sekarang ini. Setelah mengetahui tujuan dari penelitian rumusan masalah dari penelitian adalah seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Desa Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan internet dalam pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa internet membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari termasuk di bidang pendidikan. internet bukan hanya sebagai sarana mencari dan mendapatkan informasi namun juga dapat juga digunakan sebagai penambahan sumber belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

-------2005. Manejemen Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

-------(2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Brenen, J. (2004). Memadu Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Yogyakarta: PustakaPelajar Hidayatullah, M.F. (2010).

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

-------2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmadi, Hartono. 2000. Pengembangan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press. Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, H. & Martini, M. (1995). Instrument Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajahmada, University Press.

Sugandi, Ahmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UniversitasNegeri Semarang.

https://www.gramedia.com/literasi/internet/, 4 Desember 2022

https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/4 Desember 2022

https://www.silabus.web.id/pengertian-peserta-didik/ 5 Desmber 2022

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles