Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Melalui Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadist Di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya

Authors

  • Ulik Sa’diyah MI Darul Ulum Sumberrejo, Waway Karya Lamtim

Keywords:

Al-qur’an dan Hadis, Hasil Belajar, Metode Drill.

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik dan akhlakul karimah mustahil suatu bangsa akan maju. Peneliti memfokuskan pada hasil belajar Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas 3 dengan menggunakan metode drill. Penerapan metode drill sangatlah cocok guna mendukung daya ingat dan nalar siswa, karena sifat drill yang diulang-ulang membantu siswa untuk menghafal dan memahami materi ajar. Peneliti menggunakan metode drill karena sesuai dengan pra-penelitian yang dilakukan peneliti metode ini tidak pernah diterapkan pada siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam mencari dan meneliti data yang diperoleh dilapangan. Penelitian Tindakan Kelas atau biasa dikenal dengan istilah PTK. PTK bukanlah sekedar mengajar seperti biasanya, tetapi harus mengandung satu pengertian, bahwa tindakan yang dilakukan didasarkan atas upaya meningkatkan hasil, yaitu lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan tujuan dari Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas 3 di Madrasah Ibtiadaiyah Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada bulan September 2022 sampai dengan Oktober 2022. Temuan yang diperoleh peneliti saat melakukan penelitian Peneliti menemukan metode drill tidak pernah diterapkan pada siswa, siswa merasa bosan dengan metode yang sama seperti, membaca, menulis, didikte dan mengerjakan tugas. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa banyak siswa yang belum mampu membaca, melafalkan dan menulis arab dengan benar. Peneliti yakin banwa penelitian yang berhasil. Temuan yang peneliti peroleh adalah berikut. Diketahui bahwa penerapan metode drill pada materi al-Qur’an dan hadis ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya, dan hasil belajar al-Qur’an dan hadis ini mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode drill. Hal tersebut sesuai dengan hasil belajar dan data yang diperoleh peneliti pada siklus I. Rata-rata yang diperoleh siswa pada pre test adalah 42,60 naik menjadi 68,85 pada siklus I dan naik lagi menjadi 80,38 pada siklus II.

References

Abd. Rahman A.Ghani. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Abdul Basyid, Pengantar Filsafat Penddidikan, (tt.p.: Unipersitas Muhammadiyah Tangerang Provinsi Banten.,t.p)

Alisuf Sabni. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. UIN Jakarta Press

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Renika Cipta

https://akhmadsudarjat. Woordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan model pembelajaran

Malvin L. Selbermen. 2013. Active Learning; Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media dan Nuansa Cendikia

Muhaimin. 2006. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di sekolah, madrasa, dan perguruan tinggi. Jakarat : PT. Raja Grafindo Persada

Mukti Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : PT Remaja Rasdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Permendikbud. 2013. No. 54, 65 dan 66. Tentang SKL, Standar Proses, dan Standar Penilaian Peraturan Menteri Agama Repubelik Indonesia. 2013. No. 000912

Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sahid Raharjo, 2016. Strategi Pembelajaran Informasi (http://Layanan-guru.blogspot.co.id)

Samsu Somandayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: PT. Graha Ilmu

Selameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Renika Cipta

Sudaryono. 2014. Clasroom Action Researeh. Jakarata : PT. Lentera Ilmu Cendikia

Suharsimi Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dept Dalam Negeri. PT. Kloang Klede Putra Timur bekerja sama dengan Kopperasi Primer Peraja

Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles