Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Isi Kandungan Hadis Silaturrahim Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas IV Di MIN 8 Bandar Lampung

Authors

  • A. Khoiri Alfian MIN 8 Bandar Lampung

Keywords:

Peningkatan pemahaman siswa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Abstract

Miftakhul Ilmi Hakiqi, 2018. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan pemahaman materi isi kandungan Hadis silaturrahim kelas IV pelajaran Al-Quran Hadis di MIN 8 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran Al-Quran Hadis di MIN 8 Bandar Lampung belum mencapai KKM yang ditentukan,dikarenakan belum ada keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Maka diterapkan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadis materi silaturrahim di kelas IV (empat). Tujuan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah (1). Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan pemahaman materi isi kandungan hadist silaturrahim pada pelajaran Al- Quran Hadis kelas IV (empat) di MIN 8 Bandar Lampung. (2). Mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share materi isi kandungan Hadis silaturrahim pada pembelajaran Al-Quran Hadis di MIN Bandar lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang dilakukan adalah model Kurt Lewin, dimana dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berjalan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklusnya. Dalam peroses belajar mengajar diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan mulai pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan perolehan skor akhir 84,6 (baik). (2). Perolehan skor pemahaman siswa pada pra siklus sebesar 55,9 (kurang) meningkat menjadi 57,4 (cukup) pada siklus I. secara klasikal belum tuntas dan belum memenuhi KKM, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,4 (baik sekali). Begitu juga dengan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus mendapatkan skor sebesar 8,2% (kurang sekali) dan meningkat menjadi 13,5% (kurang sekali) pada siklus I dan untuk silus II menjadi 97,3% (sangat baik) demikian hasil penelitian di MIN 8 Bandar lampung.

References

Arifin, Zaenal, profesi kependidikan teori dan praktik diera otonomi (tanggerang, pustaka mandiri, 2012).

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2011).

Arikunto, Suharsimi, Dasae-Dasar Evaluasi Pendidikan, (jakarta, bumi aksara, 2012).

Djamarah saiful bahri, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta, Rineka Cipta, 1997).

Eko, Putro, evaluasi progam pembelajaran, (yogyakrta, pustaka pelajar, 2011).

Fathurroman, Pupuh, Strategi Belajar mengajar, (Bandung, Refika Aditama, 2007).

Hamzah, b uno, Prencanan Pembelajaran, (Jakarta, Bumi Aksara, 2009).

Hamzah, B. Uno, Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, (Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2010),

Kunandar, Lngkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta: PT raja grafindo persada 2013).

Kunandar, Penelitian Autentik, (Depok, PT. Raja grafindo Persada, 2014).

Majid, Abdul, strategi pembelajaran, (Bandung, Remaja Rosda Karya, 2013). Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung, PT remaja Rosdakarya, 2002).

MKD, Tim Reviwer, Studi Hadist, (Surabaya, SAP UIN Sunan Ampel, 2014). MKD, Tim Reviwer, Studi Al Quran, (Surabaya, SAP UIN Sunan Ampel, 2014).

MKDP, Tim Pengembang, kurikulum dan pembelajaran, (jakarta, rajawali pres, 2011).

Sanjana, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta, Prenadamedia Group, 2009).

Sanjana, Wina, Strategi Pelajaran Beroriantasi Pada Standart Proses Pendidikan, (Jakarta, Prena Media, 2006).

Sudijono, Anas, pengantar evaluasi pendidikan, (jakarta, PT. Raja grafindo persada 1996).

Sujdana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012 ).

Sunaryo, Wowo, taksonomi kognitif, perkembangan ragam berfikir, (bandung, PT. Remaja rosdakarya, 2012).

Supardi, Penilaian Autentik, Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotorik Konsep dan Aplikasi, (Jakarta, Rajawali Pres, 2016).

Suprijono, Agus, Cooperative learning Teori Dan Aplikasi Paikem, (Yogyakarta, Pustaka Belajar, 2011).

Suyanto, Menjadi Guru Profesional, (Jakarta, Esensi Erlangga Group, 2013). Tampubolon, Saur, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta, Penerbit Erlangga, 2014).

Wahidah, Nur, Pendekatan Saintific Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Berbagai Persepektif Teori Belajar, 2016

Wahono, Satrio, strategi dan model pembelajaran mengajar konten dan keterampilan berfikir, (jakarta, PT. Indeks, 2012).

Warsono, Pembelajaran Aktif, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013).

Wormeli, Rick, Meringkas Mata Pelajaran, (Jakarta, Penerbit Erlangga, 2011).

Yamin, Martinis, Strategi berbasis Kompetensi, (Cipayung, gaung persada pres, 2005).

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles