Peranan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs SA Tarbiyatul Athfal Mataram Baru Lampung Timur

Authors

  • Istiqomah MTs SA Tarbiyatul Athfal Mataram Baru

Keywords:

Peran Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Pelajaran Akidah Akhlak merupakan mata pelajaran untuk membantu pengembangan iman ,takwa dan akhlak peserta didik sesuai dengan kebutuhan,potensi,bakat,dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik.Oleh karena itu disini peran guru sangat penting dalam upaya meningkatkan potensi dengan baik dan maksimal.Keberhasilan seorang guru adalah apabila siswa mampu mencapai prestasi dengan sebaik-baiknya baik dari segi afektif,kognitif dan psikomotorik.Namun jika pelaksanaannya kurang maksimal,maka prestasi yang dihasilkan nya pun tidak akan maksimal pula.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang ada dalam usahanya meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTs SA Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif deskriptif ,adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru akidah dalam meningkatakan prestasi belajar yakni(1).pembuatan RPP, Silabus, Metode, Media dan Evaluasi pembelajaran. (2) Prestasi belajar siswa rata-rata tergolong dalam kategoricukup baik. (3) Guru akidah berperan aktif terhadap prestasi siswa, hal ini bisa dilihat dari beberapa peran guru akidah diantaranya, seperti : peran guru sebagai, fasilitator, motivator,organisator, dan evaluator dalam pembelajaran sehingga KBM menjadi efektif dan efisien

References

Roestiyah N.K, Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rieneka Cipta.

Rosyid, M. Z, Mansyur M., IP, S, dan A. R Abdullah. ( 2019).Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Santosa, Donald Samuel Slamet, Donna Sampaleng, dan Abdon Amtiran.(2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran: 14.

Sanjaya, Wina. (2007).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman.( 2008).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana.( 2017)Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta,

———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Suharsimi,Arikunto.(2006).Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rieneka Cipta

Undang-undang Sisdiknas 2003.( 2007). Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles