Implementasi Metode Drill Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Surah Al-‘Alaq Materi Bacaan Qolqolah Kelas VI MIS Alkhairiyah Pelindung Jaya

Authors

  • Subhi MIS Al-Khairiyah Pelindung Jaya

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits di Kelas VI MI Al-Khairiyah Pelindung Jaya masih kurang maksimal terutama pada keterampilan membaca Al-Qur’an siswa. Dari 16 siswa hanya 6 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi “Bacaan Qolqolah” dengan persentase 37,5% yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui penerapan metode Drill dalam peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al-Alaq materi bacaan Qolqolah. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c. Observasi, d. Refleksi Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian non tes unjuk kerja (performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diperoleh adalah: 1) observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,00 (baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 91,76 (sangat baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,05 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 89,0 (sangat baik), 2) Terdapat peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al-Alaq materi bacaan Qolqolah melalui metode Drill siswa Kelas VI MI Al-Khairiyah Pelindung Jaya. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas siswa meningkat yakni pada siklus I adalah 63,08 dan pada siklus II 77,73, serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 63.5% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 87,5% jumlah siswa yang tuntas

References

Lutfiyah, Lutfiyah (2020) Peningkatan keterampilan membaca al Qur'an surah al Alaq materi bacaan Qolqolah melalui metode Drill Kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles