Pembelajaran Bidang Studi Aqidah Akhlak Hubungannya Dengan Akhlak Siswa

Authors

  • Amat Fatoni Irawan MTs. Uswatun Hasanah Gumukmas, Pringsewu Lampung

Abstract

Peranan pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembangunan nasional Indonesia baik dalam proses pembanguan secara umum maupun secara spesifik terlihat peranan aqidah akhlak menempati posisi yang utama. Perilaku belajar yang terjadi pada peserta didik dapat dikenal dengan baik dalam proses maupun hasilnya. Ukuran yang ideal dimiliki oleh peserta didik adalah adanya kesadaran pada diri peserta didik akan adanya perubahan yang dialami atau sekurangkurangnya ia merasakan adanya perubahan dalam dirinya. Oleh karena itu kegiatan belajar mengajar bidang studi aqidah akhlak diberikan pada siswa. Yang termasuk kedalam kategori usia remaja. Karena fungsi dari kegiatan belajar mengajar bidang studi aqidah akhlak pada siswa hakikatnya untuk mengarahkan agar diri siswa tumbuh akhlak yang mulia, dan sesuai dengan aspek-aspek kegiatan manusia pada umumnya, yakni kegiatan yang bersifat individual, kegiatan social, dan kegiatan yang bersifat keagamaan. Metodologi penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan perhitungan prosentase, sedangkan untuk perhitungan hubungan menggunakan rumus product moment.

References

Afnil, Guza, 2008. “UU SISDIKNAS No. 20 Th 2003 dan UU Dosen No. 14 Th 2005”. Jakarta, Asa mandiri.

Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun, 2010-2025

Mahmud, Ali Abdul Halim, 2003, Tarbiyah Khuluqiyah Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi, Terj Afifudin, Solo, Media Insani.

Permendiknas No 22 Tahun, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.

Ridla, Muhammad Jawwad, 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam Perspektif Sosiologis-Filosofis, Terj Mahmud Arif, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya Sudrajat, Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1.

Rusn, Abidin Ibnu, 1998. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Suwito, 2004, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih, Yogyakarta, Belukar.

Ulwan, Abdullah Nasih, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2, Semarang, Asy-Syifa. Tt Sumber Nur Ainiyah 2013

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-01-05

Issue

Section

Articles