Penerapan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Nurul Ulum

Authors

  • Luluk Fuadah MA Nurul Ulum Gadingrejo

Keywords:

metode jigsaw, hasil belajar siswa, aqidah akhlak

Abstract

Metode Jigsaw merupakan metode pembelajaran yang menekankan aktifitas dan interaksi belajar siswa dalam memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang diharapkan. Latar belakang masalah adalah kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan guru sehingga proses belajar mengajar dominan guru sangat tinggi, sedangkan partisipasi siswa rendah sehingga pembelajaran cenderung searah dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas X di MA Nurul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas X di MA Nurul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dapat diketahui bahwa setelah menggunakan metode Jigsaw dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu ketika pra survey hanya 6 siswa atau 20% yang tuntas, sedangkan 80% belum mencapai KKM. Ketika siklus I menjadi 14 siswa atau 46,6% tuntas, sedangkan 53,4% atau 16 siswa belum mencapai KKM dan pada siklus II yaitu 23 siswa atau 76,7% tuntas, sedangkan 23,3% atau sebanyak 7 siswa belum mencapai KKM dari jumlah keseluruhan 30 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas X di MA Nurul Ulum. Hal ini terbukti dengan ketuntasan hasil belajar yang dicapai oleh siswa mencapai 76,7% dari hasil prasurvey 20%..

References

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buchari Alma. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar.

Bandung : Alfabeta

Etin Solihatin dan Raharjo. 2008. Coperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara

Kunandar. 2007. Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles