Peningkatan Keterampilan Bercerita melalui Pendekatan Savi (Somatic, Audiotory, Visualization, Intelectual) Berbantuan Boneka Tangan ( Studi Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Talang Ulu)

Authors

  • Ahmad Sandi Anggara MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu

Keywords:

Keterampilan bercerita, Pendekatan SAVI, Boneka tangan.

Abstract

Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pengamatan observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus I observasi aktivitas guru dan siswa dengan kriteria “Cukup” dengan skor rata-rata aktivitas guru 27,5 dan aktivitas siswa 24,5, pada siklus II observasi aktivitas guru dan siswa dikatakan “Baik” dengan skor rata-rata aktivitas guru 36,5 dan skor rata-rata aktivitas siswa 32, dan meningkat pada siklus III yaitu observasi aktivitas guru dan siswa dikatakan “Sangat Baik” dengan skor rata-rata observasi aktivitas guru 46,5 dan aktivitas siswa dengan skor 45,5. Melalui pendekatan SAVI berbantuan boneka tangan pada pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut berupa pemahaman-pemahaman konsep tentang bahasa dan aspek-aspek yang menjadi kriteria dalam penilaian keterampilan bercerita. Secara klasikal keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan yaitu jumlah rata-rata skor pada siklus I adalah 10,86, dan jumlah rata-rata skor pada siklus II adalah 12,77 dan walaupun kriterianya masih sama yaitu “Cukup”. Namun pada siklus III meningkat menjadi 14 dengan kriteria “Baik”. Jadi penerapan pendekatan SAVI berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas II MI M 14 Talang Ulu.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Akhmad Solihin, “Manfaat Mempelajari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”, visiuniversal.blogspot.com, 6 November 2014.

Ahmad Sudrajat, “Pendekatan Strategi, Metode dan Model Pembelajaran”, akhmadsudrajat.wordpress.com, 11 Juni 2015.

Ahira, Anne. 2009. Boneka Tangan Unik dan Mendidik. http://www.anneahira.com/boneka-tangan.htm. 11 Juni 2015.

Daheri, Mirzon, Idi Warsah, Ruly Morganna, Oktia Anisa Putri, and Putri Adelia. "Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia." Journal of Population and Social Studies [JPSS] 31 (2023): 571-586.

Daheri, Mirzon. "Religious Moderation, Inclusive, and Global Citizenship as New Directions for Islamic Religious Education in Madrasah." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 64-77.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Doyin, Mukh dan Wagiran. 2009. Bahasa Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UPT UNNES Press.

Diah Ayu Retnasari, “Keterampilan Berbicara”, diahayuretnaningsih.blogspot.com, Desember 2013.

Dokumen Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 14 Talang Ulu.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grapindo Persada.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian TIndakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Meier, Dave. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Murni, Wahid. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dari Teori Menuju Praktik. UM Press, Malang.

Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ms, Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro. Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sisdiknas. 2014. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Saddhono, Kundharu dan Slamet, St.Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV Karya Putra Darwati.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Subana, M. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surwarni, Endang Sri, “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan bercerita Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Negeri I Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010.” Skripsi. Fak.Keguruan dan Pendidikan Unipersitas Sebelas Maret, Surakarta, 2009

Surwandi, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Pendekatan SAVI Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kutawaru 04 Kecamatan Silacap Tengah Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2009-2010.” Skripsi. Fak. Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah , Surakarta 2009

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatau Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Usman, M. Basyirudin dan H. Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Yousika, “Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas II SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Fak. KSDP FIP Universitas Negeri Malang, Malang, 2011

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles