Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi kalimat Thayyibah Tarji' melalui model pembelajaran Numbered Head Together

Authors

  • tia sutiasih Mi Al Hidayah Sukawening
  • ija jalaludin mi al hidayah

Keywords:

penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Numbered Head Together pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini dalam siswa kelas V MI Al Hidayah Kekait yang berjumlah 15 siswa, laki-laki sebanyak 5 siswa dan perempuan sebanyak 10 siswa. peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk membentuk ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal.

Penggunaan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar pada mata Akidah Akhlak kelas V MI Al Hidayah kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2022/2023. dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar mengalami peningkatan disetiap siklus. Dari kedua perolehan siklus I dengan siklus II, dengan demikian penggunaan model Numbered Head Together dapat          meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi kalimat Thayyibah tarji’. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar peserta didik pada Siklus I dan II mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan jumlah ketuntasan belajar peserta didik serta presentase ketuntasan yang telah tercapai. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 8 orang dengan presentase 56% dan pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 14 orang dengan presentase 94%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrohim, dkk.Akidah Akhlak. Jakarta: Kementrian Agama, 2004. Abudin Nata, Akhlak Tasawuf . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Ahmad Amin, ilmu Akhlak ( Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1976 )

Bahtiar, Strategi Belajar Mengajar Sains ( Mataram: CV.Sanabil, 2015)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka), 1997).

Eri Murniasih, Irpan Shopian, dan Istianingsih, 101 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan (Semarang: PT. Sindur Press, 2010),

Hamalik, Oemar, Metode Dan Kesulitan-kesulitan Belajar, (Bandung: Tarsito, 1982)

JJ Hasibun dan Moedjiono, Proses belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995).

Lester D. Crow., Psikologi Pendidikan (Jakarta: Bina Ilmu, 1984), M.Bukhori,

Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Miftahul Huda, Cooperative Learning ( Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011)

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1986).

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar ( Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009)

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2013).

Downloads

Published

2023-08-11

Issue

Section

Articles