Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif Pengintegrasian Nilai-Nilai Etika dan Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Murni MIS Al Quraniyah Bengkulu Selatan

Keywords:

Analisis Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Etika

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum pendidikan agama Islam dengan fokus pada pengintegrasian nilai-nilai etika dan kearifan lokal dalam pembentukan karakter peserta didik. Dalam era globalisasi ini, pendidikan agama Islam perlu mencerminkan nilai-nilai universal dan lokal untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter yang kokoh dan berdaya saing. Dalam konteks ini, penelitian ini mengidentifikasi aspek-aspek kurikulum yang memungkinkan integrasi etika dan kearifan lokal, serta menganalisis manfaat dan tantangan implementasi model pembelajaran ini di sekolah menengah.

References

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.

Hakim, L. Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=RFH5DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=rVbgtxl1uc&sig=qAL_q8r030PYn7DhtniKW-8d6b4.

Iwan, Sugiarto. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D,. Bandung: Alfabeta, 2017.

KAHFI, M A. “HUBUNGAN ANTARA KEKUASAAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Digilib.Uin-Suka.Ac.Id, n.d. http://digilib.uin-suka.ac.id/9143/1/BAB I%2C IV%2C DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Masruri, A. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus Di MAS Jam’iyyah Islamiyyah Pondok Aren).” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman, 2019. https://jurnalptiq.com/index.php/mumtaz/article/view/35.

Mulyono. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural.” El-Wasathiya : Jurnal Studi Agama 7, no. 1 (2019): 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/266978017.pdf.

Pahrudin, A. “BUKU: STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH.” repository.radenintan.ac.id, 2017. http://repository.radenintan.ac.id/11438/1/STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN.pdf.

SUTIAH, D R, and M Pd. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=9KTsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=JfCMugihsM&sig=2N8VuNrBeB2DnxM8BMlZb1KMPts.

Tolchah, M. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusianya. repository.uinsa.ac.id, 2020. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/19/.

Yanuarti, E. “Analisis Sikap Kerjasama Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Cooperative Learning.” Media Akademika. academia.edu, 2016. https://www.academia.edu/download/60349680/ANALISIS_SIKAP_KERJASAMA_SISWA_DALAM_PROSES_PEMBELAJARAN_PAI_MELALUI_COOPERATIVE_LEARNING20190820-128157-dz2wc7.pdf.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles