Pengembangan Model Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pemahaman dan Toleransi Antaragama di Sekolah Menengah

Authors

  • yeni apriliani hasanah MI Cihurang

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Pembeleajaran Inklusif, Toleransi anataragama

Abstract

 

Abstrak: Pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan di banyak negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Namun, untuk mencapai lingkungan belajar yang inklusif, penting untuk mengembangkan model pembelajaran yang memperhatikan keberagaman dan mempromosikan toleransi antaragama di sekolah menengah. Artikel ini bertujuan untuk mengusulkan sebuah model pembelajaran inklusif dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antaragama di kalangan siswa. Dalam penelitian ini, kami melakukan tinjauan literatur yang komprehensif tentang pembelajaran inklusif dan pendidikan agama Islam. Kami mengidentifikasi berbagai aspek dan tantangan yang terkait dengan mengintegrasikan pendekatan inklusif dalam pengajaran agama Islam. Model pembelajaran inklusif kami mencakup strategi yang mendorong partisipasi aktif, pengakuan atas perbedaan individu, dan promosi pemahaman tentang berbagai agama. Kami juga mengadakan penelitian kualitatif dengan mengambil sampel dari beberapa sekolah menengah yang menerapkan model pembelajaran inklusif dalam pendidikan agama Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inklusif ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang agama Islam dan meningkatkan rasa toleransi mereka terhadap agama-agama lain.

References

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Daheri, Mirzon, and Idi Warsah. “Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah Dengan Keluarga.” At-Turats 13, no. 1 (2019): 3. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1285.

Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Hermawan, S E Sigit, and S E Amirullah. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tHNMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=paradigma+mekanis&ots=GNV70Gltgj&sig=UU1gIV4VZifzdlkU47xpdEnyGxM.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Muchlis, Muchlis. “Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (Pai) Berwawasan Moderat.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 1 (2020): 11–20. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053.

Mulyono. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural.” El-Wasathiya : Jurnal Studi Agama 7, no. 1 (2019): 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/266978017.pdf.

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles