Peran Pendidik dalam Memfasilitasi Pengembangan Spiritualitas pada Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Agama Islam

Authors

  • nofitawati MIS Al Hikmah

Keywords:

peran pendidik, pengembangan spiritual, anak usia dini, pembelajaran PAI

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidik dalam memfasilitasi pengembangan spiritualitas pada anak usia dini dalam pembelajaran agama Islam. Anak usia dini merupakan masa sensitif dalam perkembangan spiritual mereka, dan pendidik memiliki peran krusial dalam membantu anak-anak memahami nilai-nilai agama, moralitas, dan ketakwaan. Dalam konteks pendidikan agama Islam, peran pendidik dalam menyediakan lingkungan pembelajaran yang mendukung dan mendorong pertumbuhan spiritual anak menjadi sangat penting. Penelitian ini akan mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik yang dilakukan oleh pendidik dalam memfasilitasi pengembangan spiritualitas anak usia dini, serta mengevaluasi dampaknya pada pembelajaran agama Islam.

References

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Gunawan, I. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=AqSAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=paradigma+mekanis&ots=m11vpn5_mO&sig=lnDRKoiqyoDH0Ps4oejzfXCQE4A.

Habibullah, A. “Kompetensi Pedagogik Guru.” Edukasi, 2012. https://www.neliti.com/publications/294376/kompetensi-pedagogik-guru.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Salsabila, U H. “Membangun Kesadaran Spiritual Di Abad 21: Dari Aktivitas Mengagumi Hingga Menginspirasi.” AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan …, 2019. http://www.journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/98.

Saputra, A. “Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI.” At-Ta’dib. staindirundeng.ac.id, 2014. https://staindirundeng.ac.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-at-tadib-vol-6.pdf#page=19.

Susanti, R. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Ketika Berkomunikasi DI SMP Muhammadiyah 3 Medan. repository.uinsu.ac.id, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15069.

Downloads

Published

2023-08-11

Issue

Section

Articles