Peningkatan Kemampuan Membaca AL Quran Dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas VII MTs AL-Hidayah Marga Puspita

Authors

  • Rahayu Sri Rejeki MTS MARGA PUSPITA
  • Rahayu Sri Rejeki ABSTRAK Rahayu Sri Rejeki. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty pada siswa Institut Agama Islam Negeri Curup

Keywords:

guru, Al-Quran Hadist, Peningkatan Kemampuan Membaca AL Quran Dengan Metode Thoriqoty Pada Siswa Kelas VII MTs AL-Hidayah Marga Puspita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan Metode Thoriqoty pada siswa kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023 . Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII sebanyak 24 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al Quran tanpa menggunakan metode yang tepat kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran, sehingga perlu adanya penggunan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran. Setelah melalui langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini, penggunaan Metode Thoriqoty dianggap tepat dan sesuai dengan kondisi dan karakter siswa kelas VII di MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita serta mampu meningkatkan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas VII MTs AL-HIDAYAH Marga Puspita.

 

Kata Kunci: kemampuan, membaca Al Quran, metode Thoriqoty

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Farikh, Buku Materi Lembaga Pendidikan Pendidik Al-Qur’an LPPQ MetodeThoriqoty, (Blitar: Ponpes Bustanul Muta‟alimat), hal. 20.

Anika Erlina Arindawati, dan Hasbullah Huda, Beberapa Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Malang: Banyu Publishing, 2004), hal. 39

Muntmainnatur Rudia, Peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQQ) Kota Blitar dengan Metode Thoriqoty Dalam Inovasi Manajemen Pendidikan Al-Qur’an, (Blitar : Skripsi tidak diterbitkan, 2011), hal. 52

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif,(Jakarta : Amzah, 2013), hal. 107.

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles